Sukses

Mensos Khofifah Ajak Karang Taruna Bersihkan Makam Pahlawan

Ajakan ini dilakukan menjelang Hari Pahlawan 10 November.

Liputan6.com, Sidoarjo - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengajak kepada karang taruna yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, bersama-sama membersihkan taman makam pahlawan (TMP). Aksi ini dilakukan menjelang Hari Pahlawan 10 November.

"Karang taruna bisa melaksanakan bakti sosial dengan bersih-bersih taman makam pahlawan di daerah masing-masing sebagai salah satu bentuk kegiatan," ujar Khofifah dalam Jambore Karang Taruna di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu 7 Oktober 2017.

Menurut dia, salah satu bentuk bakti sosial tersebut seperti membersihkan rumput yang sudah tinggi, batako yang rusak diganti, maupun mengecat ulang tembok yang kusam.

"Mari karang taruna mengajak elemen pemuda lainnya termasuk dari kalangan pesantren untuk menengok taman makam pahlawan ini," ajak dia.

Khofifah mengatakan, bakti sosial menjelang 10 November ini bisa menggelorakan jiwa patriotisme di karang taruna termasuk juga dari kalangan santri. "Karang taruna yang memiliki struktur sampai ke tingkat desa, oleh karena itu karang taruna menjadi front liner masalah kesejahteraan sosial di masyarakat," kata dia seperti dilansir Antara.

Indonesia, jelas Khofifah, akan mendapatkan bonus demografi atau usia kelompok muda yang menggelembung. Oleh karena itu harus maksimalkan energi positif para pemuda.

"Karang taruna yang ada di desa atau kelurahan memiliki peran supaya dana desa dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, perlu mendapatkan bimbingan teknis dari masing-masing pemerintah kabupaten," ucap Khofifah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.