Sukses

Mengapa Bung Karno Ada di Halim pada 1 Oktober 1965?

Pangkalan Udara Halim memang dekat dengan Lubang Buaya, tempat jenazah para korban G30S diletakkan.

Liputan6.com, Jakarta - Jumat, 1 Oktober 1965 sekitar pukul 06.45. Rombongan Presiden Sukarno melintas di Jalan Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat, ketika Kolonel CPM Maulwi Saelan menerima informasi kehadiran pasukan tak dikenal di luar Istana Merdeka.

Resimen Tjakrabirawa adalah pasukan pengawal presiden dan keluarganya. Kini namanya Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Maulwi saat itu adalah Wakil Komandan Resimen Tjakrabirawa, 

"Segera putar arah ke Grogol. Saya menunggu di sana," kata Maulwi via radio. Grogol yang dimaksud adalah rumah Haryati, salah seorang istri Bung Karno. Pada 30 September malam, Bung Karno menginap di rumah Dewi, istrinya yang lain, di Wisma Yaso (kini Museum Satria Mandala) di Jl Gatot Subroto.

Sebelumnya, usai salat Subuh di rumah, Maulwi menerima kabar ada penembakan di rumah Wakil Perdana Menteri II, Johannes Leimena dan rumah Menhankam/Kasab, Jenderal AH Nasution. Maulwi segera bergerak mencari Bung Karno. Komandan Tjakrabirawa, Brigjen Sabur, sedang di Bandung.

Sekitar pukul 07.00, Bung Karno bersama pengawal tiba di Grogol. Saelan lalu melaporkan informasi yang dia terima. Mendengar ada penembakan di rumah para jenderal, Bung Karno terkejut.

“Wah, Ik ben overrompeld. Wat wil je met me doen? (Aku diserbu. Apa yang kamu mau aku lakukan?)” tanya Bung Karno

“Sementara kita di sini dulu, Pak. Kami mau mencari keterangan dan kontak dengan Panglima Angkatan dan Kodam Jaya, serta menanyakan situasinya,” jawab Saelan. Kelak, diketahui bahwa pasukan tak dikenal di sekitar Istana adalah mereka yang mendukung G30S.

Bung Karno akhirnya memutuskan pergi ke Pangkalan AU Halim Perdanakusuma. Sekitar pukul 08.30, Sang Proklamator dan rombongan berangkat menuju Halim dan tiba setengah jam kemudian.

Maulwi menerangkan, dikutip dari Maulwi Saelan: Penjaga Terakhir Soekarno, sesuai SOP Tjakrabirawa, ada dua pilihan tempat evakuasi Bung Karno dari Istana dalam keadaan darurat. Pertama, Halim karena di sana ada pesawat kepresidenan Jetstar C-140. Kedua, dibawa ke Tanjungpriok, tempat kapal kepresidenan Varuna I-II bersandar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lubang Buaya Bagian dari Halim?

Di Markas Komando Operasi (Koops) Halim Perdanakusuma telah menunggu Men/Pangau, Laksmana Madya Omar Dhani, dan Panglima Koops, Komodor Leo Wattimena. Omar Dani kemudian melaporkan situasi yang terjadi.

Sekitar pukul 10.00 Wakil Komandan G30S, Brigjen Supardjo, tiba di Halim. Dia meminta Bung Karno mendukung aksi penculikan dan penembakan terhadap sejumlah jenderal yang dilakukan tadi malam. Bung Karno menolak, malah meminta Supardjo menghentikan aksi.

"Ketika Brigjen Supardjo meninggalkan Koops, wajahnya lesu dan tampak kecewa sekali," kenang Saelan dalam buku yang ditulis Bonnie Triyana dkk itu.

Belakangan, muncul tudingan Bung Karno ada di Halim karena mendukung G30S.

Halim memang dekat dengan Lubang Buaya, tempat jenazah korban G30S ditaruh. Jarak Markas Koops dengan sumur tua di Lubang Buaya, jika ditarik garis lurus, hanya 3,5 km. Namun, Lubang Buaya bukan bagian dari kawasan militer AURI tersebut.

Menurut Humaidi dalam tesisnya di Pascasarjana UI, Pangkostrad Mayjen Soeharto sedari awal menyebut Lubang Buaya merupakan bagian dari Halim. Pada pidato saat penemuan jenazah, 4 Oktober 1965, Soeharto mengatakan, "Kalau kita lihat tempat ini adalah Lobang Buaya. Daerah Lobang Buaya adalah termasuk dari daerah Lapangan Halim."

Pada gilirannya terbangun cerita: siapa saja ada di Halim pada 30 September atau 1 Oktober 1965, layak dicurigai terlibat G30S.

"Dengan demikian, pidato Soeharto lebih merupakan suatau upaya untuk mendiskreditkan AURI," tulis Humaidi dalam tesis berjudul Politik Militer Angkatan Udara Republik Indonesia dalam Pemerintahan Sukarno 1962-1966 tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini