Sukses

HUT Demokrat, SBY Bicara Upaya Pelemahan KPK

Presiden ke-6 RI ini juga menyoroti soal masih adanya proses hukum yang tebang pilh.

Liputan6.com, Bogor - Partai Demokrat merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-16 yang diselenggarakan di Cikeas, kediaman presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

Dalam sambutannya, SBY menyampaikan lima hal yang menjadi masalah rakyat Indonesia saat ini. Kata dia, yang pertama, yakni rakyat masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

"Padahal, orang yang menganggur pasti tidak punya penghasilan dan akhir hidupnya susah," kata SBY, Sabtu (9/9/2017).

Dia menyatakan poin selanjutnya yaitu masyarakat tidak dapat cukup untuk memiliki daya beli dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Meskipun, harga barang dan jasa tidak mengalami peningkatan.

"Tapi kalau tidak punya uang, tetap tidak ada yang bisa dibeli," ujar dia.

Untuk permasalahan pemberantasan korupsi, kata dia, rakyat melihat masih adanya hambatan seperti upaya melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). SBY mengatakan, saat ini rakyat juga dapat menilai kesejahteraan dan kemakmuran yang kurang merata.

"(Rakyat) beranggapan yang kaya menjadi semakin kaya, sedangkan yang miskin hanya jalan di tempat," lanjutnya.

Tak hanya itu, kata SBY, rakyat juga melihat penegakan hukum sering kurang adil dan ada nuansa tebang pilih. Dia menginginkan ada penanganan secara serius dan tepat oleh pemerintah.

"Saya tahu pemerintah berupaya mengatasi masalah itu, tapi perlu ditingkatkan.

Saya tahu upaya perbaikan tidak selalu mudah, tapi tetap ada jalan keluar," ujar SBY.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.