Sukses

Jokowi: Hentikan Pengelolaan Hutan Berorientasi Proyek

Jokowi mengatakan, sudah saatnya segala rencana pengelolaan hutan Indonesia fokus pada satu topik.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperingatkan seluruh jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar mengubah pola kerja dan program. Tidak ada lagi, orientasi proyek dalam menjalankan program.

"Jangan. Ini harus dihentikan. Jangan lagi ada program-program atau rencana-rencana yang orientasinya proyek. Sudah hentikan itu," tegas Jokowi di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Dia mengatakan, sudah saatnya segala rencana pengelolaan hutan Indonesia fokus pada satu topik. Setiap kawasan hutan bisa difokuskan dan dilokalisasi pengelolaannya sehingga bisa menjadi contoh dan ditiru oleh orang wilayah lain.

"Sudah terlalu lama kita bekerja dengan orientasi proyek. Kita blakblakan saja. Kalau saya mau buka satu per satu nanti ramai. Tapi, saudara-saudara tahu apa yang saya maksudkan," ujar dia.

Jokowi menerangkan, dengan pengelolaan yang baik, pengklasifikasian hutan akan lebih mudah. Terutama, kata dia, wilayah hutan yang harus diproteksi, konsesi, atau masuk hutan sosial.

"Dibutuhkan jiwa-jiwa mulia para rimbawan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan konkret dan rill yang ada di lapangan dengan sebuah etos kerja yang baik," ucap Jokowi.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Hutan