Sukses

Mahfud MD: Tim Gabungan Polri-KPK Kasus Novel Baik, tapi...

Masyarakat juga bisa masuk dalam tim gabungan itu sehingga mendapat informasi sebanyak mungkin tentang latar belakang peristiwa.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian berniat membentuk tim investigasi gabungan dengan KPK untuk mengungkap kasus penyerangan Novel Baswedan. Hal ini dirasa penting untuk mencari fakta-fakta yang berkaitan dengan pengungkapan kasus.

Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD menilai, pembentukan tim gabungan ini sangat baik selama bertugas untuk mencari fakta. Namun, kalau untuk proses hukum pro-justisia tetap ada di tangan Polri.

"Kalau tim gabungan pencari fakta yang melatarbelakangi itu bisa saja kerja sama. Penyelidikan ya, ini bukan penyidikan," kata Mahfud di Gedung Krida Bakti, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Masyarakat juga bisa masuk dalam tim gabungan itu, sehingga mendapat informasi sebanyak mungkin tentang latar belakang peristiwa. Namun, ketika masuk proses hukum lanjutan tetap menjadi tugas dan kewenangan Polri.

"Sekali lagi ini adalah penyelidikan yang bukan pro- justisia, bukan mengadili kasusnya. Kalau kasusnya nanti Polri sepenuhnya. Kasus pidana itu penganiayaan ya, itu sepenuhnya Polri," ucap Mahfud MD.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.