Sukses

Sutopo Hadirkan Perpustakaan di Becaknya

Tumbuhkan minat membaca, Sutopo sulap becaknya menjadi perpustakan mini. Ia menyediakan bermacam jenis buku di dalamnya.

Fokus, Yogyakarta - Prihatin dengan rendahnya minat baca masyarakat, seorang tukang becak di Yogyakarta mengubah becaknya menjadi perpustakaan keliling. Tak hanya penumpang becaknya, buku-buku itu juga bisa dinikmati masyarakat di tempatnya mangkal untuk menunggu penumpang.

Seperti ditayangkan Fokus Malam Indosiar, Senin (17/7/2017), Sutopo, tukang becak yang biasa mangkal di kawasan Bumijo Lor, Yogyakarta, memiliki ide untuk mengubah becaknya menjadi perpustakaan keliling.

Dengan modifikasi khusus, kakek empat cucu ini pun memajang puluhan buku di becaknya. Seperti buku fiksi, motivasi, majalah, dan sejarah. Sebagian buku merupakan koleksinya sendiri. Namun, sebagian besar didapatkan dari sumbangan masyarakat.

Selain bangga karena bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan minat baca, Sutopo  juga senang dengan perpustakaan becaknya. Apalagi berkat kreasi perpustakaan becaknya ini, ia berhasil menyabet prestasi dalam lomba Desain Moda Tradisional Becak 2017 yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta.