Sukses

Koalisi Pejalan Kaki Terlibat Konflik dengan Pengendara Motor

Alih-alih menuntut keadilan di trotoar, massa yang tergabung dalam Koalisi Pejalan Kaki malah terlibat keributan dengan pemotor.

Fokus, Jakarta - Hak pejalan kaki di Jakarta seringkali dilanggar. Pengendara sepeda motor misalnya, seenaknya menggunakan trotoar yang merupakan hak pejalan kaki. Di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, sekelompok orang sengaja memblokir trotoar, namun aksi mereka  justru memancing emosi sejumlah pengendara sehingga terjadi keributan.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Sabtu (15/7/2017), sekelompok orang atas nama Koalisi Pejalan Kaki, Jumat, 14 Juli 2017, menggelar aksi simpatik. Mereka rupanya sudah jengah melihat kelakukan pengendara sepeda motor yang seenaknya melintasi trotoar. Namun aksi mereka justru mendapat perlawanan. Pengendara motor yang frusrtasi menghadapi macet akhirnya naik pitam, karena tidak bisa menggunakan jalan alternatif alias trotoar.

Pemandangan seperti ini sudah sering kita lihat. Sepeda motor seenaknya mengubah trotoar menjadi jalan raya. Penyebabnya memang jalan yang macet sehingga akal sehat tidak lagi digunakan, dan  hak pejalan kaki mereka rampas. Tanpa disadari,  perbuatan mereka membahayakan nyawa banyak orang.

Peraturan  yang tegas seolah menjadi percuma bila tidak diimbangi dengan kesadaran para pengguna jalan. Mereka tentu juga menginginkan anak dan keluarga mereka aman dan selamat ketika berjalan kaki di trotoar.