Sukses

Enam Jenis Sambal Habis Dilahap Obama saat di Yogyakarta

Obama menghabiskan keripik dan meminta lagi. Keripik ini juga menjadi makanan yang selalu dipesan bahkan untuk camilan di kamar Obama.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selama dua hari di Yogyakarta, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama telah menikmati sajian kuliner khas Yogyakarta. Mulai dari nasi goreng hingga mi lethek khas Bantul.

General Manager (GM) Hotel Tentrem Mey Nurnaningsih mengatakan, pihak hotel mengetahui jika Obama suka dengan makanan khas Nusantara terutama Jawa. Sehingga hotel pun menyediakan makanan Nusantara kepada Obama.

"Obama dan rombongan makan tiga kali di hotel. Pertama saat setibanya dari Bandara Adisutjipto, kedua waktu makan malam di hari Rabu, dan sarapan pagi sebelum berangkat ke Jakarta," ujar dia, di Yogyakarta, Jumat (30/6/2017).

Selama waktu makan, Mey menjelaskan, Obama juga memesan makanan khas Nusantara dan juga Eropa. Namun, pesanan dari Obama tentu makanan khas Nusantara. Sementara anaknya dan rombongannya cenderung makanan Eropa dan chinese food.

"Kalau yang makanan Eropa seperti spageti untuk putrinya. Kalau Obama selalu makan masakan Nusantara. Waktu makan malam, Obama memesan nasi goreng, nasi campur dan sate," ungkap dia.

Namun yang menarik bagi Mey, Obama suka sekali dengan cita rasa pedas. Sehingga sambal buatan hotel habis dilahap mantan orang nomor satu di Amerika itu. Bahkan enam jenis sambal yang disajikan habis tidak tersisa oleh Obama.

"Obama juga sangat suka sambal. Kami suguhkan enam jenis sambal, seperti sambal terong, sambal teri, sambal tahu, dan sambal tomat. Semua sambal beliau habiskan semuanya," tutur Mey.

Selain itu diketahui, Obama juga sangat menyukai menu singkong yang diolah menjadi keripik. Keripik ini disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum sarapan.

Obama pun menghabiskan makanan itu dan meminta lagi keripik itu. Keripik ini juga menjadi makanan yang selalu dipesan bahkan untuk camilan di kamarnya.

"Waktu nonton wayang kulit, Obama juga memesan keripik singkong untuk menemani menonton. Itu juga habis semuanya tak bersisa. Keripik singkong juga kami jadikan snack di kamar Obama menginap," kata dia.

Dari beberapa snack dan makanan yang disajikan di kamar, hanya keripik singkong yang habis. Lainnya masih ada sisa.

Selama di Yogyakarta, Obama sempat menikmati santap siang di rumah makan Bumi Langit dan makan malam di rumah makan Sasanti. Kuliner lokal menjadi pilihan Obama saat berada di restoran itu. 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.