Sukses

Polisi: Tidak Ada Pengamanan Khusus Selama Obama di Jakarta

Dengan tidak ada pengamanan khusus, maka baik di areal Mandarin Hotel ataupun sekitarnya tidak akan dilakukan penutupan jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bertolak ke Jakarta usai berlibur di Yogyakarta. Obama akan berada di Jakarta mulai Jumat, 30 Juni hingga Minggu, 2 Juli 2017.

Obama direncanakan akan menginap di Mandarin Hotel, yang terletak di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat. Meski begitu, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto mengatakan tidak ada pengamanan khusus terkait Obama.

"Pengamanan biasa saja. Baik jalur, obyek, maupun akomodasi," ucap Suyudi kepada Liputan6.com, Kamis, 29 Juni 2017.

Dia juga menegaskan, dengan tidak ada pengamanan khusus, maka baik di areal Mandarin Hotel ataupun sekitarnya tidak akan dilakukan penutupan jalan.

Seperti diketahui, saat Obama pertama kali berkunjung ke Indonesia, beberapa ruas jalan di Jakarta sempat ada yang ditutup. Sehingga terjadilah kemacetan yang cukup berarti.

"Tidak ada penutupan-penutupan (jalan di wilayah Jakarta Pusat)," ucap Suyudi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan mengaku sudah siap mengamankan kedatangan mantan orang nomor satu di Amerika Serikat itu. Dia menuturkan semua sudah diatur aparat kepolisian demi menjaga keamanan Obama selama berada di Ibu Kota, termasuk ribuan personel yang bersiaga.

"Semua sudah ter-setting, baik beberapa objek, maupun Beliau makan, acara, kemudian nanti besok ke Istana Bogor. Semua sudah kita lakukan pengamanan, semua ada 4.000 personel kita siapkan pengamanan," ujar Iriawan.

Kedatangan Barack Obama ke Ibu Kota merupakan salah satu rangkaian acara selama mengunjungi Indonesia.

Masa kunjungan Obama ke Indonesia akan berakhir pada 2 Juli 2017. Ia dan rombongan dijadwalkan akan meninggalkan Indonesia pada pukul 10.45 pagi menuju Seoul, Korea Selatan, sebelum akhirnya mendarat di Amerika Serikat.


Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.