Sukses

IKAPI: Kurator Harus Profesional demi Kemajuan Perekonomian Bangsa

Lucas mengangkat permasalahan yang sering dihadapi kurator dalam menjalankan tugas saat menangani kepailitan

Liputan6.com, Jakarta Ketua Dewan Pembina Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (IKAPI) yang juga sekaligus merupakan Pendiri IKAPI, Lucas membawakan materi dalam Pendidikan Intensif Kurator dan Pengurus Angkatan XIII IKAPI. Materi yang dibawakan Lucas mengenai 'Tugas, Kewajiban dan Kewenangan Kurator dalam Kepailitan'.
 
Lucas mengangkat permasalahan yang sering dihadapi kurator dalam menjalankan tugas saat menangani kepailitan. Menurut Lucas, seorang kurator perlu memiliki pengetahuan cukup dan dihimbau dalam setiap tindakannya selalu mengacu pada Undang-undang Kepailitan dan PKPU.
 
Selain itu, diharapkan profesi kurator dapat dijalankan secara profesional dan terhindar dari tuntutan perdata maupun pidana. Lucas yang merupakan Advokat Senior Indonesia dan juga yang telah berpraktik lebih dari 20 tahun membagikan kiat-kiat kepada para peserta Pendidikan Intensif Kurator dan Pengurus Angkatan XIII.
 
Selain itu Lucas juga mendorong para peserta untuk menguasai ilmu kepailitan dan PKPU, sehingga kelak dapat menjadi kurator dan pengurus yang berkualitas.
 
"Saya ingin kita semua bisa bersama-sama menjaga marwah profesi Kurator dan Pengurus dengan tidak berniat macam-macam yang bertentangan dengan hukum, mengedepankan integritas dan profesionalitas dalam menjalankan profesi terhormat ini", ungkap Lucas kepada wartawan, Jumat (1/9).
 
Sesi tanya jawab dalam kelas yang dibawakan Lucas berjalan dengan penuh antusiasme peserta dan banyak diisi dengan berbagi pengalaman praktik. Dalam dunia kepailitan dan PKPU, Lucas dikenal memiliki keahlian dan jam terbang yang tinggi dalam menangani perkara Kepailitan dan PKPU.
 
Lucas dengan terbuka dan senang hati membagikan pengalaman-pengalaman berharganya agar dapat menjadi pedoman bagi peserta Pendidikan Intensif Kurator dan Pengurus Angkatan XIII di kala mereka nantinya telah berpraktik menjadi Kurator dan pengurus.
 
Lucas hadir membawakan materi di hadapan para peserta pendidikan intensif kurator dan pengurus IKAPI pada hari Rabu tanggal 30 Agustus 2023 lalu. Pendidikan Intensif Kurator dan Pengurus ini juga merupakan komitmen IKAPI dalam berperan serta memajukan perekonomian bangsa dan hukum di Indonesia, khususnya di bidang hukum Kepailitan dan PKPU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.