Sukses

5 Gaya Jokowi yang Bikin Gagal Fokus dan Heboh

Gaya busana Jokowi dengan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam diabadikan dalam patung lilin di Museum Madame Tussaud, Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi tak pernah habis menuai perhatian warga. Tak hanya dengan kegiatannya, gaya busana yang tak biasa dikenakan seorang presiden pun kerap menarik perhatian warga dan menjadi viral di media sosial.

Sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta, gaya santai Jokowi dengan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam langsung menjadi tren. Gaya ini bahkan menunjukkan etos kerja Jokowi.

Gaya busana ini juga dipilih Jokowi untuk dikenakan pada patung lilin di Museum Madame Tussaud, Hong Kong. Berikut gaya busana Jokowi yang bikin gagal fokus.

1. Jaket Bomber

Jaket bomber langsung menjadi viral hanya beberapa jam setelah Jokowi tampil dengan jaket itu. Jaket itu menjadi perbincangan saat dikenakan pada konferensi pers menanggapi jalannya aksi 411 di depan Istana yang berakhir ricuh.

Keesokan harinya, jaket bomber langsung meramaikan linimasa di media sosial. Warganet kemudian mengupas habis soal jaket itu, mulai merek, model, hingga harga.

Belakangan diketahui, jaket bomber hijau itu merupakan milik anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Karena terburu-buru menuju Istana Jakarta, Jokowi mengambil jaket yang ada di dekatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sandal dan Kemeja Biru Diskon

Salah satu kebiasaan Jokowi saat berkunjung ke daerah adalah mengunjungi pusat perbelanjaan. Tidak hanya berkeliling, dia juga menyempatkan berbelanja produk yang dijual di sana.

Barang yang dibeli salah satunya sandal jepit biru di Balikpapan, Kalimantan Selatan. Sandal itu diskon seharga Rp 119.000 ribu. Sandal itu kemudian menjadi viral dan buruan warga.

Belum lagi kemeja biru yang dibelinya di Solo, Jawa Tengah. Kemeja biru lengan panjang bergaris putih itu langsung dipakai setelah dibeli. Pakaian ini digunakan sebelum menonton film.

3. Sarung

Mengenakan sarung saat acara keagamaan tentu sudah biasa. Tapi yang dilakukan Jokowi kali ini berbeda. Dia mengenakan sarung sejak turun dari mobil dan di dalam pesawat Kepresidenan.

Saat itu, Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke Semarang sekaligus menghadiri Maulid Nabi Muhammad. Biasanya, Jokowi berangkat dengan pakaian sehari-hari, tapi kali ini berbeda.

Jokowi mengenakan kemeja putih dengan sarung. Jas hitam terlihat melengkapi kemeja putihnya. Tak lupa peci hitam juga dikenakan.

Ia bahkan menerima penghormatan dari para awak pesawat Kepresidenan dengan penampilan itu. Sarung itu terus melekat hingga ke dalam pesawat.

3 dari 3 halaman

4. Jaket Army

Jokowi sempat menyusuri Jalan Trans Papua menggunakan motor trail beberapa waktu lalu. Sebuah jaket army hijau digunakan Jokowi selama perjalanan.

Jaket itu digunakan kembali saat melaksanakan kunjungan kerja ke Natuna, Kepulauan Riau. Saat itu, Jokowi menyaksikan puncak Latihan PPRC TNI.

5. Celana Jins dan Sepatu Kets

Yang paling baru, gaya santai Jokowi pada kunjungan kerja ke Tasikmalaya menjadi buah bibir. Jokowi terlihat santai mengenakan kemeja putih, celana jins biru, dan sepatu kets abu-abu.

Jokowi mengungkapkan, sepatu yang dikenakannya ini dipilih oleh sang istri Iriana dan sang bungsu Kaesang. Bahkan, Kaesang punya sepatu serupa dengan Jokowi. Hanya saja, Kaesang punya warna hitam.

Pakaian santai ini bukan tanpa alasan. Jokowi merasa dengan ini dirinya bisa lebih cepat bergerak. Secara otomatis, pekerjaan lebih cepat selesai.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung bahkan menyebut, gaya pakaian santai Jokowi ini merupakan bagian dari cara Presiden menghilangkan kesan angker yang biasa melekat di benak masyarakat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi