Sukses

Putra Asep Sunandar Dukung Pemimpin Jabar yang Cinta Budaya Sunda

Dalang Wayang Golek Dadan Sunandar, putra dari Asep Sunandar ini memiliki pandangan tersendiri dalam memilih pemimpin di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Seniman sekaligus Dalang Wayang Golek Dadan Sunandar Sunarya memiliki pandangan tersendiri dalam memilih pemimpin di Jawa Barat. Pandangan ini ia sampaikan mengingat sebentar lagi masyarakat Jawa Barat akan memilih pemimpin baru untuk menggantikan Ahmad Heryawan pada Pemilihan Gubernur, Juni 2018 mendatang.

Putra dari dalang sohor Almarhum Asep Sunandar Sunarya ini mengatakan bahwa pemimpin Jawa Barat ke depan harus memiliki nilai lebih dalam membangun kecintaan terhadap budaya. Aspek inilah yang menurut dia ada dalam diri Bupati Purwakarta saat ini, Dedi Mulyadi.

“Pemimpin manapun yang sesuai dengan kebudayaan sendiri akan cocok, apalagi Jawa Barat. Saya menilai sosok Dedi Mulyadi lebih tepat untuk bisa memimpin Jawa Barat. Kami sudah mengenal sosok beliau sejak 15 Tahun yang lalu,” ungkap Dadan, Senin (29/5) di Padepokan Giri Harja, Jelekong, Kabupaten Bandung.

Selain mencintai kebudayaan Sunda, sosok Dedi dianggap oleh Dadan sudah memiliki nilai plus. Ia dinilai mampu mentransformasikan kebudayaan Sunda tersebut bukan hanya menjadi tontonan tetapi juta tuntunan. Hal ini dibuktikan dengan langkah Dedi yang juga merupakan seorang dalang itu, untuk mempopulerkan budaya Sunda kepada masyarakat Jawa Barat bahkan luar Jawa Barat.

“Mungkin semua pemimpin pasti memiliki kecintaan terhadap budaya Sunda. Akan tetapi, saya melihat sosok Kang Dedi ini memiliki niai plus, boleh dibuktikan omongan saya ini ke masyarakat, hampir semua yang ngomong, bukan saya saja yang ngomong,” katanya menambahkan.

Dadan dan keluarga diakuinya akan mendukung siapapun yang mencintai kebudayaan. Apalagi calon pemimpin yang memiliki pandangan bahwa kesejahteraan dapat ditempuh dengan cara menjaga alam dan lingkungan. Hal ini sesuai dengan falsafah orang Sunda yang selalu membangun sinergi dengan alam dan kebudayaan. Sehingga, menurutnya, apabila budaya hancur makan suatu bangsa akan ikut hancur.

“Otomatis kita dukung pemimpin yang konsisten mencintai seni dan budaya. Keluarga kami konsen terhadap itu, maka kami mendukung langsung. Kami lahir dari keluarga seni dan Kang Dedi memiliki jiwa seni yang kuat,” pungkasnya.

Powered By:

Kabupaten Purwakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dedi Mulyadi adalah Bupati Purwakarta sejak 2008 setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Purwakarta.
    Dedi Mulyadi adalah Bupati Purwakarta sejak 2008 setelah sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Purwakarta.

    Dedi Mulyadi