Sukses

Pesta di Kalijodo, Pegiat Pendidikan Gelorakan Semangat Barengan

Sebanyak 250 komunitas dan organisasi pendidikan menggelar acara Pesta Pendidikan yang dilaksanakan di Kalijodo.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 250 komunitas dan organisasi pendidikan menggelar acara Pesta Pendidikan yang dilaksanakan di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta. Penggagas Gerakan Pesta Pendidikan, Najeela Shihab mengatakan, acara ini digelar untuk memperingati hari Pendidikan Nasional.

"Intinya yang setiap hari melakukan sesuatu untuk meningkatkan akses dan kesetaraan di pendidikan Indonesia. Jadi kita punya banyak alasan untuk berpesta tentunya," kata Najeela dalam sambutannya di acara Pesta Pendidikan di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, Selasa (2/5/2017).

Menurut Najeela, pesta pendidikan memiliki arti yang luas. Misalnya, pendidikan tak hanya dilakukan di dalam kelas saja secara formal. Melainkan bisa juga dilakukan di luar kelas dengan suasana yang lebih santai.

"Misalnya pendidikan seni, pendidikan tentang keragaman, pendidikan dalam kaitannya dengan literasi dan dunia digital," ucap Najeela.

Pesta pendidikan, kata Najeela, juga memfokuskan pada semangat barengan. Jadi, pesta tak hanya dirayakan oleh murid dan guru saja, melainkan para orangtua dan seluruh lapisan masyarakat lainnya.

"Pada saat kita melakukan sesuatu yang barengan itu sebetulnya kita bia saling belajar satu sama lain, kita bisa saling berkolaborasi, sejak tahun lalu sampai saat ini, itu sudah banyak sekali aksi-aksi publik yang sebetulnya muncul insiatif-inisiatif yang semula dilakukan sendirian, kemudian dilakukan barengan," terang Najeela.

Selain Najeela Shihab, Pesta Pendidikan ini juga diramaikan oleh sejumlah tokoh lainnya yakni Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab. Tak hanya itu, sederet artis dan penyanyi juga turut hadir di antaranya Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Christian Sugiono, Tulus, dan Soleh Solihun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.