Sukses

Penggunaan QRIS Direncanakan Menyasar Tempat Parkir Sampai Akses Kesehatan di Jakarta

Untuk merealisasikan hal tersebut, Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Bahkan, beberapa perkantoran telah menerapkan pembayaran parkir menggunakan QRIS.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia akan memperluas penggunaan QRIS atau standar kode QR Indonesia. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jakarta, Arlyana Abubakar menyatakan, pihaknya berencana menyasar tempat parkir, pengamen, hingga rumah ibadah untuk menggunakan QRIS.

Kata dia, hal tersebut untuk meningkatkan keamanan, mempermudah transaksi, hingga mempercepat proses pembayarannya. Selain itu, rencana tersebut juga sebagai salah satu upaya untuk menekan laju inflasi secara digital.

"Tentu ke depannya akan kami lakukan mulai dari pembayaran parkir, pajak, kesehatan, pendidikan, pengamen, hingga starling," kata Arlyana kepada wartawan, Rabu (1/3/2023).

Arlyana menyatakan, untuk merealisasikan hal tersebut Bank Indonesia telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Bahkan, kata dia, beberapa perkantoran telah menerapkan pembayaran parkir menggunakan QRIS.

"Ini sejalan blue printnya sistem pembayaran BI. Kami ingin dengan digitalisasi semua bisa cepat, mudah, murah, dan jelas ini transparan," ucapnya.

Dia juga menyatakan QRIS memiliki banyak manfaat untuk masyarakat dan merchant. Selain tidak kesulitan mencari uang kembalian, QRIS juga memonitoring profil usaha merchant, sebab transaksi menjadi transparan.

"Jadi ketika butuh pembiayaan. Bank akan lebih mudah melakukan monitoring untuk itu," ujar dia.

Sementara itu lanjut dia, terdapat 4,5 juta merchant yang telah menggunakan QRIS di Jakarta per 17 Februari 2023. Jumlah tersebut meningkat 37 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

"Kita harapkan setelah dari sini, mereka akan tetap menggunakan Qris untuk transaksi selanjutnya," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang QRIS

Sebelum mengetahui bagaimana cara membaca QRIS yang benar kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwa QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standar dan ini merupakan sebuah pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia.

Metode pembayaran tersebut adalah proses transaksi yang dikenal sangat mudah karena menggunakan QR Code sehingga bisa lebih mudah, cepat, serta keamanannya bisa lebih terjaga.

Melansir dari Twitter resmi Bank Indonesia yang diunggah pada 27 Januari 2023 lalu mengunggah video mengenai bagaimana cara menyebutkan QRIS yang benar. Adapun dalam video tersebut dijelaskan bahwa cara membaca yang benar adala “KRIS”.

Bahkan dalam situs resmi dari bi.go.id ketika menjelaskan singkatan dari QRIS diungkapkan bahwa cara membacanya adalah KRIS.

“Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah jasa penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code,” mengutip dari situs resmi Bank Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.