Sukses

Megawati Mengritik Birokrat

Kinerja birokrat di daerah kerap diselimuti masalah sumber daya manusia yang lemah, rasa kedaerahan yang menonjol, dan kecendrungan untuk arogan serta melakukan korupsi.

Liputan6.com, Jakarta: Citra birokrat yang kuat dan bersih hendaknya bukan sekadar slogan belaka. Sudah seharusnya saat ini birokrat pemerintah di daerah terbiasa memberikan laporan yang benar dan tak menutupi hal hal buruk. Kritik ini disampaikan Presiden Megawati Sukarnoputri di depan para peserta Rapat Koordinasi Pendayagunaan Aparatur Negara Tingkat Nasional, Senin (11/02), di Jakarta [baca: Megawati: Aparat Suka Melaporkan Hal yang Baik].

Dalam Rakor yang dihadiri pejabat eselon I di lingkungan provinsi dan tingkat II, Presiden mendesak diselenggarakan audit terhadap birokrasi pemerintahan. Langkah ini penting untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab. Selain itu, untuk menunjang fungsi pengawasan dan akuntabilitas para birokrat di daerah.

Saat ini, kata Mega, kinerja birokrat daerah kerap diselimuti masalah sumber daya manusia, rasa kedaerahan yang menonjol, dan kecendrungan untuk arogan serta korup. Untuk mengikis ini semua, Presiden mengingatkan agar para aparatur negara di daerah dapat mewujudkan citra birokrat yang kuat dan bersih.(ULF/Imelda Sari dan Dwi Ningdyas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini