Sukses

Pengelola Karaoke di Tangsel Akui Sudah Setahun Jual Katinon Cair

BNN menemukan kandungan narkoba jenis baru, katinon sintetik cair, terkandung dalam minuman yang dijual di Tangerang Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola Karaoke Matador di Ruko Melati Mas, BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengaku telah menjual minuman Blue Shafire dan Snow White sejak setahun lalu. Dalam minuman itu, Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan kandungan narkoba jenis baru, katinon sintetik cair.

Meski telah satu tahun memasarkan, pengelola mengaku baru mengetahui ada kandungan narkoba pada kedua minuman tersebut. "Karena Peraturan Menteri Kesehatan  Nomor 2 Tahun 2017 baru keluar 3 Januari kemarin. Kalau begini kita tidak akan menjual lagi," kata Haris, pengelola Karaoke Matador, Jumat (3/2/2017).

Meski begitu, pihaknya sudah sejak bulan Desember tidak menjual dua minuman andalan Matador tersebut, lantaran kehabisan bahan baku katinon cair. "Kita jual sekitar setahunan, tapi Blue Shafire, Snow White atau Super Dragon, sejak bulan Desember kemarin memang sudah tidak ada stok bahan bakunya," ujar Haris.

Pria yang telah tiga tahun bekerja di tempat hiburan itu menjual minuman tersebut seharga Rp 600 ribu hingga Rp 800 ribu per slokinya. Dia juga tidak mengenal dua sosok yang diamankan petugas BNN karena membawa cairan tersebut.

Diketahui sebelumnya, narkoba jenis baru yang dikenal dengan Snow White dan Blue Shafire beredar di kawasan Gading Serpong dan Boulevard BSD. Hal ini terungkap saat BNN mengagalkan penyelendupan 4-Klorometkatinon (4-CMC) atau katinon sintetik cair sebanyak 50 liter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.