Sukses

Tumbuh di Pekarangan, Bunga Bangkai Jadi Tontonan Warga Bogor

Meski belum mekar, bunga bangkai ini sudah mengeluarkan bau busuk.

Liputan6.com, Bogor - Warga Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, dihebohkan dengan tumbuhnya bunga bangkai di halaman rumah salah satu rumah warga. Masyarakat pun berdatangan ke rumah Abdullah (39) sang pemilik, untuk dapat melihat secara langsung bunga itu.

"Sudah 10 hari bunga ini tumbuh, tapi belum mekar," kata Abdullah (39), ditemui di rumahnya Kampung Rawajati RT 01/08, Kelurahan Mekarwangi, Kota Bogor, Rabu (1/2/2017).

Menurut dia, bunga itu sengaja ia tanam di pekarangan rumahnya untuk obat diabetes. Ia mendapat tunas bunga bangkai tersebut dari kampung halamannya di Malang, Jawa Timur.

"Saya tanam 5 tahun lalu. Sudah 3 kali bunganya tumbuh tapi mati terus. Baru kali ini tumbuh sampai besar," ujar Abdullah.

Abdullah mengaku akan terus merawatnya sampai tumbuh kembali di kemudian hari. "Meskipun jarang mekar tetep saya pelihara, soalnya bisa jadi obat," ucap dia.

Meski belum mekar, bunga bangkai ini sudah mengeluarkan bau busuk yang menjadi ciri khas amorphopallus titanuum ini.

Cerita dari mulut ke mulut membuat bunga tersebut jadi bahan perbincangan. Warga yang penasaran tak mau melewatkan momentum untuk selfie tanpa merusak bunga tersebut. Bahkan, sejumlah aparatur dari kelurahan setempat pun tak mau ketinggalan untuk melihat bunga berwarna ungu dan krem itu.

"Heboh banget, sampai malam saja masih ada orang yang melihat bunganya," kata Ruslan, warga sekitar.

Hingga hari ini, warga masih berbondong-bondong melihat bunga bangkai itu dari dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.