Sukses

Ada Sidang Ahok, Begini Rekayasa Lalu Lintas di Gedung Kementan

Sidang Ahok akan berlangsung di Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta Sidang keempat kasus dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali digelar, Selasa (3/1/2017). Sidang kali ini akan berlangsung di Auditorium Gedung D Kementerian Pertanian (Kementan), Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sidang Ahok yang dimulai sejak pagi itu diprediksi akan berdampak pada arus lalu lintas di sekitar lokasi. Apalagi, selama persidangan diprediksi akan terjadi aksi unjuk rasa dari berbagai elemen masyarakat di sekitar kompleks Kementan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, jalan yang mengarah ke Taman Margasatwa Ragunan akan ditutup sementara selama persidangan berlangsung. Dia meminta masyarakat yang beraktivitas mencari jalan alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

"Saya sampaikan permohonan maaf. Yang akan menuju kebun binatang Ragunan dari simpang TB Simatupang sampai Jalan Raya Ragunan (Jalan RM Harsono) untuk sementara kami tutup selama pelaksanaan sidang," ujar Iwan di Kementan, Jakarta Selatan, Senin 2 Januari 2017 malam.

Sementara itu, Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pengalihan arus lalu lintas di sekitar lokasi sidang Ahok bersifat situasional. Pihaknya pun mengimbau agar massa tak menutup ruas jalan.

"Seandainya massa sampai meluber ke jalan dan menyebabkan sirkulasi lalu lintas terganggu, kendaraan umum akan diperkenankan masuk ke jalur Transjakarta dan secara bertahap akan dilakukan rekayasa lalu lintas," ujar Budiyanto dalam keterangan tertulisnya.

Berikut rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan polisi:

- Arus lalu lintas dari arah Pasar Rebo atau Jagakarsa menuju ke Kementan akan diluruskan menuju lampu merah Trakindo, Cilandak, atau akan dibelokan ke kanan menuju Jalan Warung Jati Barat.

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Warung Jati Barat menuju Jalan RM Harsono (TM Ragunan) akan dialihkan belok kiri menuju Jalan TB Simatupang yang mengarah ke Jagakarsa atau Pasar Rebo.

- Arus lalu lintas dari arah lampu merah Trakindo, Cilandak yang hendak menuju Jalan RM Harsono akan diluruskan ke Jalan TB Simatupang yang mengarah ke Jagakarsa atau Pasar Rebo.

- Arus lalu lintas yang datang dari Jalan RM Harsono (pintu utama TM Ragunan) saat sampi di lampu merah Kementan akan dibelokan ke kiri menuju lampu merah Trakindo, Cilandak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.