Sukses

Atraksi Memukau Paspampres Bikin Jokowi Meringis

Jokowi mengaku tidak pernah membayangkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti saat atraksi dilaksanakan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berkunjung ke Markas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Dalam kunjungan itu, Jokowi disajikan aksi para prajurit dalam mengamankan Presiden dan Wakil Presiden maupun para tamu VVIP.

Jokowi yang berada di panggung utama duduk diapit Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Marinir Bambang Suswantono. Sementara para tamu undangan lainnya, seperti KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Agus Supriatna, dan KSAL Laksamana Ade Supandi duduk di barisan terdepan.

Para prajurit menunjukkan pola dan teknik pengamanan saat Presiden mengalami ancaman keamanan baik saat iring-iringan, saat berjalan, dan berada di dalam gedung. Aksi serangan dari penembak jitu juga ditampilkan.

Setelah itu, para prajurit menampilkan kemampuan bela diri dari empat jenis bela diri berbeda. Di antaranya karate, pencak silat Merpati Putih, yongmoodo, dan aikido.

Jokowi menyaksikan satu per satu atraksi yang ditampilkan. Tak jarang, Jokowi meringis ngeri melihat aksi pesilat yang memecahkan heble, pelat besi, dan besi dragon hanya dengan bagian tubuh baik dengan lengan, siku, kaki, tulang kering, jari, bahkan leher.

Dalam pengarahannya, Jokowi menyatakan kekaguman atas kesiapan dan kewaspadaan yang dimiliki Paspampres. Dirinya bahkan tidak pernah membayangkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti saat atraksi dilaksanakan.

"Tadi setelah saya lihat seluruh sarana prasarana tempat latihan, kesiapannya kelihatan sekali. Dalam demo, tidak pernah saya bayangkan seperti itu. Kelihatan sekali kesiapannya, profesionalismenya," kata Jokowi di Mako Paspampres, Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, sejak berdiri sampai saat ini prajurit Paspampres telah melaksanakan tugas menjaga pelaksana amanat rakyat, menjaga presiden dan wakil presiden. Bahkan, Paspampres juga turut menjaga mantan presiden dan wakil presiden juga tamu VVIP.

"Karena itu tugas yang sangat penting dengan begitu setiap anggota Paspampres harus menjaga nama baik Paspampres. Ingat selalu visi prajurit Paspampres, prajurit yang setia, bertanggung jawab, disiplin, tangguh, solid, profesional, dan berwawasan kebangsaan," Jokowi memungkas.


 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.