Sukses

Kapolri Tito Karnavian Pimpin Apel Gabungan Operasi Lilin 2017

Ribuan petugas gabungan dari berbagai institusi menggelar apel pasukan Operasi Lilin 2017 di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan petugas gabungan dari berbagai institusi menggelar apel pasukan Operasi Lilin 2017 di Silang Monas, Jakarta Pusat. Apel yang dipimpin oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2017.

Tito mengatakan, banyak fokus pengamanan yang dilakukan oleh aparat gabungan ini selama operasi lilin berlangsung. Operasi lilin ini sendiri akan dimulai pada 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

"Aksi gangguan Kamtibmas dalam bentuk terorisme, kemudian konflik yang terus diwaspadai yakni konflik berbau keagamaan dan ideologi," ujar Tito di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2016).

Tak hanya itu, operasi lilin ini juga tetap fokus melakukan pengamanan dari segala kejahatan konvesional. "Seperti pencurian, rumah kosong yang ditinggalkan, kemudian perampokan, dan lain-lain," sambung [Tito](Tito "").

Selanjutnya, Polri bersama sejumlah stakeholder terkait juga mewaspadai lonjakan mobilitas massa saat libur Natal dan Tahun Baru 2017. Polri dan pihak terkait telah menyiapkan sejumlah strategi agar arus mudik dan balik selama liburan Natal dan tahun baru ini berjalan lancar.

"Beberapa waktu lalu, koordinasi sudah dilaksanakan dengan jajaran Kementerian Perhubungan, TNI dan Pemda dalam rangka pengamanan terutama Jalur Pantura dan khususnya Tol Cipali yang beberapa waktu lalu dapat masalah waktu arus mudik dan balik," beber Tito.

Tak hanya itu, Polri dan stakeholder lain juga mewaspadai ketersediaan pangan selama libur Natal dan tahun baru. Sebab, selama perayaan ini tentu permintaan dari konsumen meningkat. Sementara distribusi pangan kerap terkendala ketika musim libur tiba.

Kendati, jenderal bintang empat itu memastikan, stok pangan di Indonesia saat ini aman untuk enam bulan ke depan.

"Beberapa waktu lalu sudah koordinasi pada steakholder terkait mulai Menteri Perdagangan, Pertanian, Bulog dan lain-lain. Yang intinya ketersediaan pangan cukup baik selama enam bulan," kata Tito.

"Sehingga kita akan lebih fokus pada keamanan dan juga masalah mengamankan agar lalu lintas udara, laut dan darat lancar," pungkas Tito.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini juga dihadiri sejumlah petinggi, seperti Menhub Budi Karya Sumadi, Menpu-Pera Basuki Hadi Mulyono, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan, Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana, Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono, dan beberapa pejabat Polri-TNI lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.