Sukses

Kaleidoskop News Januari 2016: Heboh Kasus Kopi Sianida Mirna

Liputan6.com, Jakarta - Pembunuhan Wayan Mirna Salihin usai minum kopi di Kafe Olivier, Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, 6 Januari 2016 menjadi kasus yang paling menyita perhatian sepanjang akhir tahun 2016.

Jessica Kumala Wongso, salah satu teman Mirna yang pada saat itu datang lebih awal dan langsung memesankan es kopi buat Mirna menjadi saksi dari kejadian tewasnya Mirna.

Tak kalah menghebohkan, saat Jessica Wongso dan Hanny diperiksa oleh Polda Metro Jaya terkait tewasnya Mirna, pengantin yang baru sebulan menikah. Penyidik merangkai satu per satu puzzle fakta-fakta yang ditemukan di lapangan. 

Setelah polisi melakukan gelar perkara uji labfor terhadap beberapa barang bukti yang mereka kumpulkan selama proses penyidikan, sejumlah fakta mengejutkan muncul. Salah satunya terdapat kandungan sianida di kopi yang diminum Mirna.

Kabar yang tak kalah menggemparkan di bulan Januari 2016, ledakan yang melanda kawasan Thamrin, Jakarta Pusat atau bom Thamrin. Sebelum ledakan yang memakan banyak korban jiwa, baik dari warga sipil dan aparat itu, pemimpin Qaeda yang menggantikan Osama bin Laden muncul.

Ayman al-Zawahiri memerintahkan pengikutnya untuk melakukan serangan di Asia Tenggara -- yang disebutnya siap dan matang untuk 'kebangkitan kembali kaum militan'. 

Berikut 6 berita yang banyak dibaca selama Januari 2016:

1. 5 Fakta tentang Jessica Teman Ngopi Mirna

Selain CCTV, Polisi juga memeriksa rekaman transaksi pembelian kopi oleh rekan Jessica,

Jessica Kumala Wongso (27) atau Sisca menjadi sosok paling disorot seiring meninggalnya Wayan Mirna Salihin usai minum kopi di Olivier Cafe, West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, 6 Januari 2016.

Siapa Jessica? Tidak banyak yang bisa diketahui. Namun, ada beberapa fakta yang diketahui tentang sosok Jessica terkait kasus kematian Mirna ini.

Selengkapnya...

2. Teringat Sesuatu, Hanny Teman Ngopi Mirna Balik ke Mapolda Metro

Hanny teman minum kopi Mirna Salihin. (Audrey Santoso/Liputan6.com)

Sebelumnya Hanny, teman minum kopi mendiang Mirna Salihin diperiksa selama 2,5 jam diperiksa Polda Metro Jaya sejak pukul 11.00-13.30 WIB. Setelah pemeriksaan selesai, Hanny pulang menumpangi mobil Honda New CRV abu-abu berpelat B 828 TON.

Saat di perjalanan pulang, Hanny teringat kembali adegan di CCTV yang diperlihatkan penyidik. Karena itu Hanny kembali untuk memberikan keterangan.

Namun Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya, Kombes Krishna Murti enggan membeberkan adegan apa yang diingat Hanny.

Selengkapnya... 

3. Beberapa Jam sebelum Teror di Jakarta, Bos Al Qaeda Muncul...

Pemimpin Al Qaeda Ayman al Zawahiri minggu lalu sudah melansir bakal ada teror menebar di 3 negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia!

Hanya dalam hitungan jam setelah teror tembakan dan ledakan melanda kawasan Thamrin, Jakarta, Kepolisian Republik Indonesia menyebut, kuat dugaan pelakunya dilakukan jaringan ISIS di Tanah Air.

Namun, ada petunjuk lain yang mungkin ada kaitannya dengan teror yang mengguncang Ibu Kota.

Beberapa sebelum serangan terjadi di sebuah kedai kopi waralaba asal Amerika Serikat, sayap propaganda Al Qaeda, As Sahab, merilis 3 pesan baru dari Ayman al Zawahiri.

Selengkapnya...

2 dari 2 halaman

Senyum Jessica di Kasus Kopi Sianida

4. Antara Senyum Jessica dan Tangisan Hanny di Kasus Mirna

Wayan Mirna Salihin | Via: istimewa

Dua teman Wayan Mirna Salihin (27), Jessica Wongso dan Hanny, satu per satu diperiksa. Mereka merupakan saksi terkait tewasnya Mirna sesaat setelah meneguk es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Mal Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 6 Januari 2016.

Sempat beberapa kali tidak memenuhi panggilan polisi, Jessica akhirnya mendatangi gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, Rabu 20 Januari 2016. Didampingi pengacaranya, Jesissca tampak santai dan melempar senyum serta lambaian kepada awak media.

Selengkapnya...

5. 5 Titik Terang Kasus Kopi 'Sianida' Mirna

Suami Mirna, Arif Setiawan Soemarko marah lantaran ia merasa keluarganya telah di fitnah oleh pengacara Jessica Kumala Wongso. (Foto: Instagram/Wayan Mirna Salihin)

Kematian Mirna hingga kini masih misterius. Dia meninggal usai meminum kopi es Vietnam di West Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu 6 Januari 2016.

Mirna seketika mengalami kejang setelah menyeruput satu sedotan kopi. Dia sempat dibawa ke klinik mal tersebut, sebelum dilarikan ke Rumah Sakit Abdi Waluyo, oleh suaminya. Namun, nyawanya tidak tertolong lagi.

Sejak kematian Mirna hingga kini, sejumlah fakta muncul. Ada 5 fakta kematian Mirna yang dihimpun Liputan6.com.

Selengkapnya... 

6. CCTV Sulit Ungkap Peracun Mirna, Ini Alasannya

Seseorang yang meninggal karena keracunan seperti Wayan Mirna Salihin harus ada delapan item yang diperiksa. (Foto: Instagram/Mirna_Salihin)

Kepolisian mempelajari rekaman closed circuit television (CCTV) yang ada di Kafe Olivier, Mal Grand Indonesia. Namun dari beberapa petunjuk yang didapat, polisi belum menemukan gambaran utuh terkait kematian Wayan Mirna (27) setelah menyeruput es kopi Vietnam.

Menurut Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Khrisna Murti, walaupun begitu banyak CCTV, posisi Mirna tidak tergambar jelas.

Meski demikian, polisi mendapatkan petunjuk perihal urutan yang datang ke lokasi kejadian terlebih dahulu.

Selengkapnya... 

 

Loading