Sukses

Polisi: Buni Yani Penyebab Konflik di Masyarakat

Agus Rohmat berpendapat ada unsur dan motif untuk menimbulkan kebencian di masyarakat dari apa yang dilakukan Buni Yani tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Kombes Agus Rohmat menganggap upaya Buni Yani mengunggah video sambutan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu, menjadi penyebab konflik di masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Agus Rohmat saat menjawab permohonan praperadilan Buni Yani di PN Jakarta Selatan.

Agus Rohmat menganggap, situasi masyarakat berubah setelah melihat video Ahok yang diunggah oleh Buni Yani tersebut. Hal tersebut yang menjadi salah satu alasan polisi menjadikan Buni Yani sebagai tersangka.

"Bukan (soal) video asli atau rekayasa, dengan unggahan ke akun Facebook Buni Yani mengakibatkan konflik di masyarakat yang dapat dilihat pada pelaksanaan sebelum di-upload oleh Buni Yani tidak ada konflik sebelumnya," ujar Agus Rohmat di PN Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2016).

Agus Rohmat yang juga tim kuasa hukum kepolisian daerah Metro Jaya menilai, Buni Yani tidak berhak mengunggah video Ahok. Selain itu, ia berpendapat ada unsur dan motif untuk menimbulkan kebencian di masyarakat dari apa yang dilakukan Buni Yani tersebut.

"Bahwa dengan ini termohon ditemukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyampaikan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian, permusuhan antar-individu berdasarkan atas SARA," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.