Sukses

Bupati Pidie: Rumah hingga Masjid Terimbas Gempa Aceh

Aiyub mengungkapkan pihaknya telah melaporkan gempa Aceh ini kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Bupati Pidie Aiyub Ben Abbas ‎mengatakan, pihaknya masih mengevakuasi korban gempa di wilayahnya pagi ini. Menurut dia, gempa Aceh berkekuatan 6,5 Skala Richter (SK) ini berdampak ke seluruh wilayah di kabupaten tersebut.

‎"Informasi awal tadi bahwa seluruh Pidie terimbas gempa karena ada yang rumah, masjid, dan pertokoan. Sampai sekarang korban-korban yang tinggal masih dievakuasi. Tapi saya belum tahu pasti berapa," ujar Aiyub di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Aiyub mengungkapkan pihaknya telah melaporkan gempa ini kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dari pemerintah pusat telah mengirimkan tim yang akan terjun langsung ke lokasi gempa Aceh.

‎"Sudah (lapor ke Presiden)‎. Sudah dikirim petugas ke sana dari Menteri PU untuk mengevakuasi dan memberikan bantuan," kata dia.

Sementara, tutur Aiyub, pemerintah daerah telah mengerahkan alat berat serta berbagai jenis bantuan lain untuk membantu proses evakuasi korban gempa Aceh yang berada di bawah reruntuhan.

"Kalau respons kita sudah diserahkan dari pemerintah Pidie, alat berat, dan semua datang ke sana. Sampai tadi bantuan dari gubernur juga sudah tiba. Dan saya atas nama pemerintah kabupaten mengharapkan bisa segera mengevakuasi korban ‎yang berada di bawah reruntuhan. Harapan kami, karena kami masih di sini. Insya Allah akan segera pulang," ujar Aiyub.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.