Sukses

Menteri Susi: Dapat Gelar Doktor Honoris Causa, Saya Terharu

Susi mengaku terkejut dengan hal ini. Dia merasa belum pantas mendapat anugerah tersebut.

Liputan6.com, Semarang - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mendapat gelar doktor honoris causa (HC) dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Susi mengaku surprise dengan hal ini. Dia merasa belum pantas mendapat anugerah tersebut. 

Sebelumnya, menurut Susi, pernah ada yang menawarkan gelar serupa, tapi ia tidak menyetujuinya. Belum ada setahun setelah penawaran tersebut, ada yang mendatangi rumahnya untuk wawancara.

"Ada yang datang ke rumah beri tanya jawab dievaluasi. Saya surprise hasilnya tinggi," kata Susi di Semarang, Jumat, 2 Desember 2016.

Susi merasa tersanjung dengan gelar yang diberikan kepadanya. Gelar tersebut dianggapnya sebagai amanah, tetapi tetap tidak mengubah pribadinya yang tengah berusaha mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi poros maritim dunia.

"Saya merasa antara terharu, terhormat, tersanjung, dan ada pertanyaan apakah pantas mendapatkannya. Tapi tentu saja saya mensyukuri. Sebagai doktor atau tidak saya tetap hanya seorang Susi," kata dia.

Rektor Undip Semarang Yos Johan Utama menyatakan, penganugerahan gelar ini bukan karena Susi seorang menteri. Ia menegaskan ada kajian ilmiah yang sudah dilalui.

Kebijakan yang diambil Susi dinilai sangat berdampak dalam berbagai bidang, termasuk lingkungan dan ekonomi.

"Mungkin tanpa disadari Obu Susi kami beri penilaian akademik, yaitu metode dalam melakukan kebijakan, bukan karena beliau menteri. Ibu Susi dari metodologinya itu runtut sekali," kata Yos Johan di gedung Widya Puraya, Undip Semarang, Sabtu (3/12/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini