Sukses

Warga Jadi Guide Cari Heli TNI AD Hilang Kontak di Kalimantan

Keterlibatan warga setempat sangat membantu pencarian heli jatuh di Kalimantan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa warga Desa Sulit, Kecamatan Mentarang Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, menjadi penunjuk jalan tim SAR darat gabungan untuk mencari helikopter Bell-412 EP. Heli bernomor registrasi HA-5166 milik Pusat Penerbangan TNI AD itu hilang kontak sejak 24 November 2016.

"Warga setempat yang berada dekat lokasi perkiraan jatuhnya pesawat helikopter jadi penunjuk jalan tim pencari melalui jalur darat," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malinau, Elisa, di Malinau, Minggu (27/11/2016)

Ia menegaskan, keterlibatan warga setempat khususnya yang berdomisili di Desa Sulit dan Desa Long Berang maupun Desa Nansarang, di Kecamatan Mentarang Hulu, sangat diperlukan.

Menurut dia, lokasi yang diprediksi tempat helikopter itu jatuh berdasarkan laporan warga yang sempat melihat dia berputar-putar sebelum meledak, sulit dilintasi karena hutan belantara sangat rapat dan cuaca buruk.

"Selain menggunakan jalur darat, tim pencari dengan melibatkan masyarakat juga menggunakan jalur sungai apabila memungkinkan," kata Elisa dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini