Sukses

Tidak Berada di Struktural, Polri Tak Masalahkan Bintang 4 BG

Hal ini bukan yang pertama terjadi di kepolisian. Kondisi ini juga dialami Jenderal Sutarman dan Jenderal Dai Bachtiar.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dilantik sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), pangkat Budi Gunawan langsung dinaikkan menjadi Jenderal Polisi. Dengan begitu, ada dua jenderal Polisi di tubuh Polri saat ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, dua jenderal Polisi saat ini tidak akan mengganggu kinerja Polri. Karena pada dasarnya, Budi Gunawan berada di luar struktur Polri setelah menjadi Kepala BIN.

"Kan di luar institusi Polri. Tidak di struktural. Yang di Polri cuma satu. Ini kan jabatan sama dengan menteri ya," jelas Boy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Status sebagai anggota Polri aktif juga tidak akan hilang selama belum memasuki masa pensiun. Statusnya kali ini sebagai pejabat tinggi yang bertugas sebagai pimpinan lembaga.

"Status polisi tetap belum pensiun. Purna masih tahun depan. Desember akhir. Dia Pati yang mendapat tugas sebagai pimpinan lembaga," imbuh dia.

Hal ini bukan yang pertama terjadi di kepolisian. Kondisi ini juga dialami Jenderal Sutarman dan Jenderal Dai Bachtiar.

"Untuk yang masih aktif? Pernah, seperti Pak Sutarman pensiun, masih 8 bulan lagi aktif. Dulu Pak Dai Bachtiar usia 52 sudah turun padahal 58 baru pensiun," pungkas Boy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.