Sukses

1.200 Polisi Disiagakan Amankan PON di Bekasi

Cabang olah raga sepak bola pada PON ke-19 dilaksanakan di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta Polresta Bekasi Kota mengaku siap menyukseskan cabang olahraga sepak bola pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19 yang dilaksanakan di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi. Sedikitnya 1.200 personil akan diterjunkan dalam acara tersebut.

Kapolresta Bekasi Kota, Kombespol Umar Surya Fana mengatakan pola pengamanan yang akan dilakukan saat pertandingan adalah 70 persen terbuka dengan petugas berseragam lengkap dan 30 persen tertutup. Di mana, petugas tanpa mengenakan seragam akan disiagakan untuk berbaur dengan para penonton.

Para personelnya itu, lanjut Umar, akan disebar dalam beberapa titik. Di antaranya, bertugas mengamankan area luar stadion dan jalan raya. Di titik itu, petugas melakukan pengecekan keamanan mulai dari pintu Tol Bekasi Barat, hingga di stadion.

"Sejauh ini kami sudah persiapkan 600-1.200 personel. Dari jumlah tersebut sudah termasuk pengamanan rute (jalan raya) sebelum, sesaat dan sesudah pertandingan," ujar Umar di Mapolresta Bekasi Kota, Jumat 2 September 2016.

Polisi, kata dia, akan disiagakan sejak pawai api PON dari Kabupaten Bekasi pada Sabtu pekan depan. Nantinya, api PON akan menginap semalam di kantor Wali Kota karena terpotong libur Idul Adha. Selanjutnya api dibawa ke Bandung.

Umar mengatakan, pengamanan pertandingan sepak bola pada PON ke-19 yang digelar di stadion itu juga akan dilakukan bersama dengan Polda Jawa Barat.

"Kalau Polresta Bekasi Kota kan di bawah Polda Metro Jaya (PMJ), sementara lokasi PON kan berada di Jawa Barat maka kita akan koordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk lebih lanjut," ujar dia.

Lebih lanjut Umar mengungkapkan, pengamanan akan melibatkan satuan lainnya seperti Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Satpol PP, Kodim 0507/BKS dan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi rencananya akan digunakan untuk pertandingan babak penyisihan hingga perempat final sepak bola PON yang akan dimulai pada 14 September 2016. Dalam satu hari itu, rencana akan diadakan dua pertandingan di sore dan malam hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.