Sukses

SBY Kembali Absen pada Sidang Tahunan MPR

Tahun lalu, SBY juga tidak hadir dalam Sidang Tahunan MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang HUT Kemerdekaan RI, MPR menggelar sidang tahunan. MPR selalu mengundang pejabat-pejabat pada pemerintahan era sebelumnya. Termasuk presiden dan wakil presiden. Tahun ini, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam Ruang Rapat Paripurna I di Gedung Kura-Kura. Namun, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen.

Ketidakhadiran SBY dipastikan oleh Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan. Menurut dia, SBY merayakan Hari Raya Kemerdekaan di daerah.

"(SBY) merayakan 17 Agustus di daerah, di kampung halaman, dan ke beberapa daerah lain," ungkap Hinca di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Ia pun mengaku hadir mewakili SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Hinca kemudian mengatakan, SBY  berangkat ke luar kota sejak hari ini.

"Hari ini berangkat (ke luar kota) sampai tanggal 20-an," tegas Hinca.

Pada 2015 lalu, SBY juga tidak menghadiri Sidang Tahunan MPR. Saat itu, ia mengikuti acara peringatan Kemerdekaan RI di daerah.

Sementara, Megawati Soekarnoputri hadir dengan didampingi oleh putrinya Menko PMK Puan Maharani dan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Ketua Umum PDIP ini duduk di samping mantan Wapres RI, Tri Sutrisno dan Boediono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.