Sukses

Dishub DKI Kerahkan 250 Personel di Titik Macet Arus Balik

Akan ada juga petugas yang berjaga di terminal-terminal guna membantu para pemudik.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Dirlantas Polda Metro Jaya telah menyiapkan prosedur tetap (protap) terkait penanganan arus balik Lebaran. Salah satunya dengan menempatkan aparat-aparat di setiap pintu tol.

"Yang pertama kami menempatkan anggota di pintu-pintu tol untuk menginformasikan kepadatan lalu lintas ke anggota yang lain untuk bantu tarikan-tarikannya," ungkap Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi Provinsi DKI Jakarta Andri Yansyah di Jakarta, Minggu (10/7/2016).

Selain itu, lanjut dia, anggota-anggota juga akan ditempatkan di Traffic Light (TL) yang langsung berhubungan dengan tol dan akses masuk tol ke Jakarta. Fungsinya adalah untuk mengatur saat TL mengalami kepadatan.

"Menempatkan anggota di titik-titik kemacetan. Lalu menempatkan mobil-mobil derek di titik-titik strategis apabila ada yang mogok yang dapat menyebabkan kemacetan," papar Andri.

Tak hanya itu, sambung dia, akan ada juga petugas yang berjaga di terminal-terminal guna membantu para pemudik. "Fungsinya untuk membatu pemudik yang akan menggunakan kendaraan umum dan mencegah terjadinya gangguan keamanan," imbuh Andri.

Ia menegaskan anggota dari Dishub DKI yang dikerahkan sebanyak 250 orang dan dibantu Dirlantas Polda Metro Jaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini