Sukses

Menag Lukman Ingin Masyarakat Ikuti Pemerintah soal 1 Syawal

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1437 Hijriah pada Rabu, 6 Juli 2016. Meski begitu, ada sebagian kelompok yang merayakan Idul Fitri hari ini.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengakui memang ada sebagian kecil kelompok masyarakat yang merayakan Idul Fitri berbeda dengan ketetapan pemerintah. Meski begitu, Lukman tetap berharap masyarakat ikut keputusan pemerintah.

"Sebaiknya umat Islam di Indonesia mengacu pada hasil putusan Fatwa MUI No 2 Tahun 2004, kewenangan menetapkan isbat, kapan Ramadan, Syawal, Zulhijah dilakukan oleh pemerintah melalui Kemenag, dan itu bersifat mengikat secara nasional," ujar Lukman di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Keinginan ini tentu sejalan dengan harapan seluruh ormas Islam di Indonesia. Dengan demikian, Ramadan dan Idul Fitri dalam dilaksanakan bersama.

"Tentu sebelum memberikan imbauan, saya ingin mengatakan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah, mohon maaf lahir batin," Lukman menambahkan.

"Mudah-mudahan kita semua tergolong orang minal aidzin, kembali pada jati diri kita, dan golongan orang-orang yang menang. Setelah kita menempa diri kita selama Ramadan. Mudah-mudahan bulan-bulan seterusnya kita mampu mengendalikan diri kita," Lukman memungkasi.