Sukses

Masinton PDIP: Jalan Tito Jadi Kapolri Cerah dan Tak Berlubang

Hari ini Komisi III DPR mengundang PPATK, KPK, dan Kompolnas untuk menelusuri rekam jejak Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu membenarkan DPR akan memanggil Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) serta Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menanyakan rekam jejak calon Kapolri Tito Karnavian. Kedua lembaga negara itu diundang ke DPR hari ini.

"Menanyakan arus keuangan saja PPATK, transaksi. Kompolnas berkaitan dengan kinerja karena Kompolnas mengawasi kinerja," ungkap Masinton di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Menurut Masinton, kemungkinan besar langkah Tito menjadi Kapolri akan mulus tanpa hambatan.

"Cuaca bagus, cerah, jalannya enggak berlobang (untuk Tito jadi Kapolri)," ucap politikus PDIP itu.

PDIP sendiri, lanjut Masinton, tetap akan melihat bagaimana proses fit and proper test yang akan berlangsung di Komisi III DPR nanti.

"Kita lihat bagaimana aspek profesionalisme kepolisian dan pembenahan institusi kepolisian, juga penataan fungsi kepolisian yang selama ini dikeluhkan karena dalam hal di lapangan belum ada profesionalitas," tukas Masinton.

Selain untuk menelusuri rekam jejak Tito Karnavian, DPR mengundang PPATK, KPK, dan Kompolnas juga untuk meminta pandangan dan masukan mereka terhadap calon Kapolri Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini