Sukses

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Digelar Kamis Ini

Komisi III berharap, dengan skenario ini hasilnya dapat dibawa ke rapat paripurna terakhir jelang libur Lebaran pada Selasa 28 Juni 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri. Rapat pleno tertutup Komisi III memutuskan, fit and proper test digelar pekan ini.

"Kamis pagi, baru kita selenggarakan fit and proper test jam 10 pagi yang diperkirakan akan tuntas jam 4 sore," ungkap Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Senin (20/6/2016).

Politikus Partai Golkar ini menuturkan, hasil uji kelayakan dan kepatutan akan langsung diumumkan pukul 20.00 WIB, Kamis 23 Juni 2016.

Komisi III DPR berharap, dengan skenario ini hasilnya dapat dibawa ke rapat paripurna terakhir jelang libur Lebaran, pada Selasa 28 Juni 2016. Terlebih, lanjut dia, semua fraksi yang ada di Komisi III setuju skenario tersebut.

"Saya lihat tidak ada hambatan untuk melaksanakan fit and proper test. Semua fraksi sepakat mendukung fit and proper test sebelum libur, karena kita menyadari Pasal 11 UU Kepolisian mensyaratkan kita harus menjawab surat Presiden dalam 20 hari. Kalau habis Lebaran, Presiden terpaksa menyurat kembali," tukas Bambang Soesatyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.