Sukses

Boy Rafli Amar: Tito Karnavian Perwira Tinggi Polri yang Cerdas

Tito Karnavian termasuk dalam salah satu perwira polisi yang paling unggul di kelasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mabes Polri memastikan pengajuan Komjen Tito Karnavian sebagai calon Kapolri, tepat. Sebab dia termasuk dalam salah satu perwira polisi yang paling unggul di kelasnya.

"Dari sisi pengalaman, beliau luar biasa. Pak Tito perwira tinggi Polri yang cerdas, jadi tentunya memenuhi persyaratan yang sifatnya formal, tidak ada masalah kalau dari sisi itu. Termasuk background pengalaman tugas, pengalaman di bidang pendidikan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2016).

Sementara soal Wakapolri, dia belum bersedia menjelaskan. Mantan Kapolda Banten ini enggan berpolemik mengenai jabatan Wakapolri setelah Tito resmi menjabat Kapolri.

"Tentu ada mekanisme organisasi berjalan. Kami belum bisa membicarakan hal itu saat ini. Karena semua ada waktunya, tidak perlu kita membahas itu. Ada mekanisme, ada yang mengatur," kata Boy.

Sebelumnya, Ketua DPR Ade Komaruddin telah bertemu Menteri Sekretaris Negara Pratikno membicarakan soal calon Kapolri baru. Hasilnya, Presiden Jokowi telah meminta Komjen Tito Karnavian menjadi calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti yang segera memasuki masa pensiun.

"Beliau (Pratikno) menyampaikan surat kepada dewan, surat tersebut berisi Presiden meminta pencalonan Komjen Tito Karnavian satu-satunya menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," ungkap pria yang karib disapa Akom ini saat meninjau Stasiun Gambir Jakarta, Rabu 15 Juni 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.