Sukses

Maruarar Sirait Sebut Jokowi Pancasilais Sejati

Bagi Maruarar Sirait, Jokowi terus mengaplikasikan janji-janjinya untuk memajukan bangsa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Politikus PDIP Maruarar Sirait mengatakan, masyarakat perlu melihat sudah sejauh mana Pancasila diaplikasikan sebagai ideologi.

"Harus melihat siapa pancasilais sejati atau siapa yang gadungan. Supaya Pancasila bisa diterima, tentu harusnya punya contoh keteladanan," ucap pria yang akrab disapa Ara itu, di kantor pusat TMP, Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Ketua Umum Taruna Merah Putih (TMP) itu menyebut Presiden Jokowi merupakan sosok pancasilais sejati. Sebab Jokowi terus mengaplikasikan janji-janjinya untuk memajukan bangsa Indonesia.

"Contoh Pak Jokowi, lewat Nawacitanya, kemudian memberikan anggaran besar untuk desa, dan membangun Papua, itu tanda-tanda beliau konsisten menjaga Indonesia. Kalau beliau tidak konsisten, hal itu tidak ada," tutur Ara.

Menurut dia, dengan menjaga pemerataan, keadilan sosial bisa terjadi sesuai sila kelima. Meski demikian, masih banyak tantangan-tantangan yang harus dihadapi, salah satunya mengurangi kesenjangan sosial.

"Tantangan sekarang adalah dengan mengurangi kesenjangan. Dengan hal itu, isu terorisme dan fundamentalisme, bisa diselesaikan," Maruarar menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.