Sukses

Puluhan Warga Luar Batang Bersiap Geruduk Balai Kota

Mereka akan memprotes kebijakan Ahok terkait rencana revitalisasi kawasan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Luar Batang.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan warga Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara bersiap menggeruduk Balai Kota, Jakarta Pusat. Mereka akan melakukan aksi demo di kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Mereka akan memprotes kebijakan Ahok terkait rencana revitalisasi kawasan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Luar Batang.

Warga Luar Batang dan sekitarnya mulai berdatangan ke halaman Masjid keramat Jami Luar Batang. Mereka datang satu per satu dan ada pula yang berkelompok. Mereka menamakan 'Gerakan Rakyat Tangkap Ahok'.

"Sekarang sekitar 80 an warga ini udah siap yang akan ke Balai Kota hari ini. Ya persiapannya kami semangat, berjuang agar tidak tergusur kampung kami," kata Koordinator Keamanan Udin Komcil di halaman masjid Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (22/4/2016).

Mahmudin (43), warga Kampung Luar Batang mengaku siap melawan Ahok bersama warga lainnya. Bahkan, dirinya sudah bersiap melawan apabila petugas gabungan dari pemerintah melakukan penertiban secara mendadak.

"Jika mau menggusur kami, warga Kampung Luar Batang minta Ahok untuk turun dan berdialog dengan kami. Jangan duduk saja di Balai Kota," ujar Mahmudin.

Beredarnya surat pemberitahuan soal revitalisasi Kawasan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Kawasan Luar Batang membuat warga resah. Surat yang telah ditanda tanggani Camat Penjaringan yakni Abdul Khalit diedarkan ke warga RW 01, RW 02, RW 03 dan RW 04 pada Kamis 24 Maret karena mereka membangun rumah di atas aset pemerintah. Kini RW 04 sudah rata dengan tanah dan sebagian besar warga menolak ambil kunci rusun.

Kini warga Luar Batang telah meminta bantuan Yusril Ihza Mahendra untuk melawan Ahok melalui jalur hukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini