Sukses

Gempa 4,5 SR Guncang Alor, Masyarakat Berhamburan Keluar Rumah

Belum ada laporan adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa di Kabupaten Alor, NTB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 4,5 skala Richter mengguncang Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada pukul 19.56 WIB. Pusat gempa berada di darat pada kedalaman 57 km di 22 km barat daya Kalabahi, Kabupaten Alor.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa dirasakan kuat selama 3 hingga 5 detik.

"Berdasarkan gempa dirasakan intensitasnya III-IV MMI di Mali Alor. BPBD Kabupaten Alor telah melaporkan ke Posko BNPB, bahwa gempa terasa kuat selama 3-5 detik," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/4/2016) malam.


Akibat gempa ini, kata Sutopo, masyarakat berhamburan ke luar rumah. Kendati demikian, belum ada laporan tentang korban jiwa atau kerusakan bangunan.

"Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah. BPBD masih melakukan pendataan dan pemantauan di lapangan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa," jelas dia.

Namun, sebagian masyarakat sudah kembali ke rumah dan sebagian masih di luar rumah, untuk bersiaga dari kemungkinan  gempa susulan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini