Sukses

Irjen Tito Karnavian Jadi Kepala BNPT

Liputan6.com, Jakarta - Polri merotasi sejumlah perwira tingginya. Irjen Tito Karnavian dipromosikan menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Saud Usman Nasution.

Isu pergantian Tito Karnavian dari Kapolda Metro Jaya sebenarnya bukan isu lama. Sekitar 2 pekan lalu, beredar kabar Jenderal bintang 2 itu tak lama lagi bakal menggantikan Saud. Sementara Saud dimutasikan sebagai Pati di Mabes Polri dalam rangka pensiun.

Berdasarkan Surat Telegram bernomor ST/604/III/2016 tertanggal 14 Maret 2016 yang diterima Liputan6.com, Senin (14/3/2016), disebutkan 7 perwira tinggi (pati) Polri mengalami pergeseran, di antaranya Kepala BNPT.

Selain Kepala BNPT, dalam Surat Telegram tersebut juga diatur pergeseran pucuk pimpinan Kapolda Metro Jaya. Irjen Tito Karnavian akan digantikan Irjen Moechgiarto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

"Iya, Pak Kapolda dimutasi sebagai kepala BNPT. Ini dalam rangka tour of duty. Dalam rangka penyegaran di tubuh Polri," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes M Iqbal di Jakarta, Senin (14/3/2016).

Sedangkan Kapolda Jawa Barat yang ditinggal Irjen Moechgiarto akan diisi Irjen Jodie Rooseto yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Kemudian, Brigjen Dolly Bambang Hermawan ditunjuk sebagai pengganti Irjen Jodie Rooseto.

Selain itu, dalam Surat Telegram itu juga diatur tentang pergantian Kapolda Riau. Brigjen Supriyanto yang sebelumnya menjabat Karodalpers SSDM Polri akan menjadi Kapolda Riau.