Sukses

VIDEO: 8 Hari Tergenang Banjir, Jalur Porong Mulai Dibuka

PT KAI mengklaim selama 8 hari ditutup pihaknya telah merugi Rp 1,5 miliar.

Liputan6.com, Sidoarjo - Setelah 8 hari tergenang air akibat banjir, Jalan Raya Porong mulai dilakukan uji coba pembukaan sejak Kamis pagi. Meski telah dibuka, pembukaan hanya diberlakukan untuk satu jalur saja yaitu ke arah Surabaya. Sementara untuk jalur ke Malang masih ditutup karena masih terdapat genangan di titik Desa Siring.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (19/2/2016), selain Jalan Raya Porong, akses jalur rel kereta api yang melintas di tanggul lumpur juga mulai dibuka sejak Rabu malam.

Hingga Kamis pagi sudah lebih dari 5 jadwal perjalanan kereta telah melintasi rel yang sempat tergenang. Salah satu kereta api yang melintas pada Kamis pagi adalah Kereta Api Penataran jurusan Malang-Surabaya. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, 32 jadwal kereta api diinstruksikan untuk berjalan dengan kecepatan 5 kilometer per-jam.

PT KAI mengklaim telah mengalami kerugian hingga Rp 250 juta per-harinya atau Rp 1,5 miliar selama 8 hari, sejak jalur rel kereta tergenang banjir. Kerugian tersebut adalah pada pendapatan, sementara biaya operasional belum dihitung.

Sejauh ini, baik jalur rel kereta api maupun Jalan Raya Porong sudah tidak tampak adanya genangan. Genangan air hanya berada di titik lokasi tertentu yang lokasinya lebih rendah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.