Sukses

Kunjungi Timor Leste, Jokowi Tanda Tangani 5 Kerja Sama Ini

Setelah berkunjung ke Istana Kepresidenan Timor Leste, Jokowi mengunjungi 2 taman makam pahlawan di kota Dili.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Dili, Timor Leste, hari ini.‎

Mengawali kunjungannya, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan istrinya Isabel da Costa Ferreira, di Istana Kepresidenan atau Palacio Presidencial di Dili, Timor Leste.

Berdasarkan keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Selasa (26/1/2016), setibanya di Istana Kepresidenan Timor Leste pada pukul 11.00 waktu Dili, Jokowi disambut upacara penyambutan tamu negara yang dipimpin Presiden Timor Leste.

Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan 2 negara dan dentuman meriam 21 kali. Di akhir prosesi upacara, Jokowi dan Taur Matan memeriksa jajar kehormatan pasukan.

Usai upacara, Jokowi dan Taur Matan melakukan pertemuan tete-a-tete atau pertemuan empat mata, dan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan para delegasi kedua negara.

Usai pertemuan empat mata, Jokowi dianugerahi Bintang Jasa Tertinggi Republik Demokratik Timor Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste oleh Presiden Taur Matan Ruak.


Bintang jasa tersebut adalah penghargaan tertinggi yang diberikan hanya kepada kepala negara asing dari Pemerintah Timor Leste.

5 Kerja Sama

‎Dalam kunjungan ini juga ditandatangani 5 MoU atau nota kesepahaman, yaitu kerja sama pemuda dan olahraga, kearsipan, klimatologi dan geofisika, search and rescue, dan energi petroleum serta sumber daya mineral.

Setelah berkunjung ke Istana Kepresidenan Timor Leste, Jokowi mengunjungi 2 taman makam pahlawan di kota Dili.

"Sebelum kembali ke Tanah Air, Presiden dan Ibu Negara bersama rombongan akan berkunjung ke Taman Makam Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja," jekas Ari.

Presiden dan rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air malam ini pukul 20.00 WIB. Turut mendampingi Presiden, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi‎, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.
    Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.

    Timor Leste

Video Terkini