Sukses

10 Ribu Personel Gabungan Amankan Final Piala Sudirman

Liputan6.com, Jakarta - Jelang pertandingan akbar partai final Piala Sudirman, pengamanan di sekitar Stadiun Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Senayan, Jakarta mulai ketat. Sebanyak 10 ribu personel gabungan diturunkan untuk mengaman‎kan laga antara PSP Padang melawan Mitra Kukar.

"‎Jumlah personel yang dilibatkan dalam rangka pengamanan pertandingan final Piala Sudirman antara PSP Padang dan Mitra Kukar sebanyak 10.489 personel," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal, Jakarta, Minggu (24/1/2016).

Kekuatan tersebut, kata dia, terdiri dari 382 personel Pam Waskita, 1.200 personel Brimob Polri, 1.850 personel Polda Metro Jaya, 1.600 personel TNI dari Kodam Jaya‎, 40 personel POM AD, 10 personel POM AL, dan 10 personel POM AU.

Selain itu, pengamanan didukung 1.000 personel Satpol PP, 244 personel tenaga medis, 28 personel Damkar, 4 unit Baracuda, dan 4 unit Anoa.

"Pengamanan dalam ada 3.870 personel dari Polda Metro Jaya. Terdiri dari ‎pasukan Brimob, Dit Sabhara, Dit Lantas, Dit Intelkam, Dit Reskrimum, dan Dit Pam Obvit," tutur Iqbal.

Sementara terkait pengalihan arus lalu lintas di sekitar SU GBK dilakukan situasional. Berikut rekayasa lalu lintas jelang laga final Piala Sudirman:

Alih arus dari Semanggi yang akan masuk GBK melalui Pintu VII apabila macet/padat diluruskan ke Jalan Gatot Subroto ke kiri melalui Palmerah, pos pol ke kiri masuk pintu 8/depan Hotel Mulia.

Alih arus kendaraan yang datang dari Lapangan Tembak ke fly over Farmasi dan yang akan arah Gatot Subtoto/Slipi. Lalu, alih arus dari traffic light Pos Polisi Palmerah terhadap kendaraan yang akan belok kiri arah GBK, diluruskan ke arah Permata Hijau. Kemudian, alih arus dari jalur lambat ke jalur cepat kendaraan dari Bundaran Senayan yang akan masuk GBK melalui Pintu 5.