Sukses

Malam Tahun Baru, Malioboro Ditutup Pukul 19.00 WIB

Polda DIY juga akan mengalihkan arus di Jalan Solo dan Jalan Magelang karena selalu terpantau macet.

Liputan6.com, Yogyakarta - Membanjirnya wisatawan mulai terasa di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Plat mobil luar kota mulai mendominasi jalanan Kota Pelajar itu seiring datangnya libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016.

Dirlantas Polda DIY AKBP Tulus Ikhlas Pamuji mengatakan telah mengantisipasi dampak libur panjang itu, termasuk rekayasa lalu lintas di 3 jalan utama. Khusus untuk Jalan Malioboro, Polda DIY akan menutup jalan tersebut mulai pukul 19.00 WIB saat pergantian malam tahun.

"Di Jalan Malioboro, mulai jam 18.00 WIB akan mulai kita kurangi kendaraan yang masuk. Pada pukul 19.00 WIB baru akan kita tutup," kata Pamuji pada wartawan usai Gelar Pasukan Operasi Lilin 2016 di halaman Polda DIY, Rabu (23/12/2015).

Polda DIY juga akan mengalihkan arus di Jalan Solo dan Jalan Magelang karena selalu terpantau macet. Kedua jalan itu merupakan jalur masuk ke kota Yogyakarta sehingga kendaraan yang masuk lebih banyak dibandingkan kendaraan yang keluar.
 
"Kita juga akan kurangi volume kendaraan yang masuk. Hal yang sama juga akan kita lakukan di Jalan Magelang. Dari pemetaan kita, volume kendaraan dari luar daerah Yogyakarta akan membludak," kata Pamuji.

Pamuji memperkirakan kemacetan perayaan Tahun Baru 2016 diperkirakan akan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya karena jumlah peningkatan kendaraan di Yogyakarta juga meningkat drastis.

"Tahun 2015 ini, peningkatan jumlah kendaraan bermotor sekitar 10 persen. Itu belum termasuk peningkatan jumlah penduduk. Apalagi, hotel sekarang sudah full. Tentu banyak wisatawan, yang dampaknya juga pada kepadatan lalu lintas," ujar Pamuji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.