Sukses

Suara Merdu Remaja Disabilitas Buat Jokowi dan Menteri Terharu

Menteri Perlindungan Perempuan dan Anak Yohanna Yembise, Menko PMK Puan Maharani dan Menlu Retno Marsudi tampak mengusap air mata.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak seperti biasanya, suasana Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, tampak ramai. Ratusan penyandang disabilitas menghadiri acara puncak perayaan Hari Penyandang Disabilitas Internasional yang dipusatkan di Istana.

Salah satu yang menarik perhatian Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi adalah penampilan 2 penyandang disabilitas yang menyanyikan 2 lagu.

Usai pemberian penghargaan bagi beberapa penyandang disabilitas, seorang perempuan mengenakan gaun putih yang dituntun maju ke depan menghadap Jokowi dan Iriana. Perempuan bernama Claudia itu berdiri dan menyanyikan sebuah lagu berjudul 'Sempurna' yang di populerkan Andra And The Backbone.

Suara Claudia diiringi lantunan keyboard seorang pria yang juga penyandang disabilitas netra. Di tengah keterbatasannya, seorang keyboardis tersebut mampu memainkan keyboard dengan baik dan merdu.

Baru pada menit pertama, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak terkesima sekaligus terharu mendengar suara merdu Claudia.

Saking merdunya suara Claudia, para menteri yang hadir juga ikut terharu. Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bahkan terlihat mengusap air mata saat Claudia yang seorang tuna rungu itu, menyanyikan lagu tersebut. Menteri Perlindungan Perempuan dan Anak Yohanna Yembise juga tampak mengusap matanya beberapa kali.

Setelah Claudia, giliran Sammy yang menunjukkan kebolehannya dalam bidang tarik suara. Sammy yang mengenakan setelan jas hitam juga penyandang disabilitas netra. Lagu yang dibawakan yaitu tembang yang dipopulerkan Andre Hehanusa berjudul Kuta Bali.

Lagi-lagi suara merdu Sammy membuat Presiden dan Ibu Negara serta sejumlah menteri yang hadir terkesima. Seusai keduanya bernyanyi, tepuk tangan pun bergemuruh memenuhi ruang istana.

Pujian Jokowi

Diawal sambutannya, Presiden Jokowi langsung memuji 2 remaja penyandang disabilitas itu.

"Mbak Claudia, sama Mas Sammy. Kalau kita dengarkan tadi, lagunya 'Sempurna' yang dinyanyikan dan yang Mas Sammy nyanyi Kuta Bali, coba perhatikan benar-benar suaranya, bagus sekali," ucap Jokowi, Kamis (3/12/2015).

Jokowi bahkan memuji keduanya dengan membandingkan suara mereka dengan dua penyanyi nasional Judika dan Ruth Sahanaya.

"Bandingkan dengan siapa penyanyi laki-laki paling merdu? Judika? Menang Sammy. Kalau penyanyi putri siapa? Ruth Sahanaya? Kalah sama Claudia tadi," puji Jokowi yang disambut tepuk tangan  hadirin.

Presiden Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu juga tampak Ibu Shinta Nuriyah Wahid, Menko PMK Puan Maharani, Menlu Retno Marsudi, Gubernur BI Agus Martowardodjo, dan Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad.
‎
‎Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, negara harus hadir untuk menegakkan hak-hak penyandang disabilitas. Di sisi lain, kaum disabilitas sebagai anak bangsa wajib berkontribusi untuk menghadapi masa depan.

"‎‎Sering dan kadang-kadang orang membicarakan jumlah penyandang disabilitas. Seakan-akan ini hanya soal angka-angka, saya kira berapa pun jumlah penyandang disabilitas, bahkan satu orang pun negara harus melindungi hak-haknya sebagai warga negara,"‎ ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.