Sukses

Jokowi: Indonesia Harus Kembali Berjaya Jadi Paru-Paru Dunia

Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama-sama bergotong royong membangun kembali hutan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2015. Acara ini digelar di Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di  Kecamatan Karangintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

‎Dalam kesempatan itu, Jokowi dan Ibu Negara Iriana bersama ratusan siswa SD melakukan rehabilitas awal dengan menanam 10.000 pohon. Jokowi menanam pohon Tengkawang, sementara Ibu Negara Iriana menanam pohon Kasturi.‎‎ Bahkan, Presiden sempat menaiki Bukit Tahura untuk melihat penanaman pohon.

Menurut Jokowi, Tahura perlu direhabilitasi karena dari luas 1‎16 ribu hektar, lahan yang terbakar mencapai 105 hektar. Untuk itu, kata Presiden, perlu rehabilitasi dengan diawali penanaman10.000 pohon.

"‎Hari ini 2.000 pohon ditanam secara serentak. S‎ebanyak 8.000 pohon sisanya ditanam sejak tanggal 23 November 2015," ujar Jokowi melalui siaran pers yang dikirim Tim Komunikasi Presiden, Kamis (26/11/2015).
‎
Dalam kesempatan ini, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama bergotong royong, membangun kembali hutan Indonesia yang telah terbakar saat musim kemarau lalu.

Ia juga berharap momentum peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Bulan Menanam Nasional dan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2015, dapat menciptakan lingkungan yang berkualitas. ‎

"Serta melestarikan satwa dan tumbuhan, s‎ehingga Indonesia sebagai sumber keanekaragaman hayati dan paru-paru dunia dapat kembali berjaya," kata Jokowi. ‎

Pemenang Lomba

Sebelum menyampaikan sambutan, ‎Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada gubernur, bupati, dan wali kota pemenang lomba Penanaman Pohon tahun 2014 Tingkat Nasional. Serta kepada pelaku usaha, perguruan tinggi, sekolah, koperasi dan masyarakat yang telah berperan aktif dan nyata dalam kegiatan tanam dan pelihara pohon.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan juara umum Lomba Warna Lestari Tahun 2015, Penyematan Tanda Kehormatan Setya Lancana Pembangunan dan Penandatanganan Sampul Hari Pertama Perangko Seri Puspa dan Satwa. ‎

Pemenang Lomba Penanaman Pohon Tahun 2014 Tingkat Provinsi adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Aceh. Untuk tingkat kota diraih oleh Wali Kota Kotamobagu, Wali Kota Tanjung Pinang, dan Wali Kota Surabaya. Bupati Hulu Sungai Selatan, Bupati Deli Serdang, dan Bupati Lebak menjadi pemenang untuk tingkat Kabupaten.‎

Presiden juga menyaksikan penandatanganan Kesepahaman antara Menteri LHK dengan 9 pemuka dan tokoh organisasi lintas agama, untuk komitmen penyelamatan bumi dan lingkungan hidup. (Nil/Sun)
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.