Sukses

BNPB: Waspadai Puting Beliung Saat Musim Pancaroba

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian wilayah Indonesia saat ini memasuki musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan. Yakni, Pulau Jawa, Sumatera bagian Selatan, Bali, sebagian Kalimantan dan Sulawesi berada pada musim pancaroba atau peralihan dari kemarau ke penghujan.

"Waspada puting beliung saat pancaroba. Puting beliung sering terjadi menjelang hujan turun," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (18/11/2015).

Sutopo menjelaskan, angin puting beliung ditandai dengan cuaca yang panas dan dalam waktu tidak lama kemudian berubah menjadi mendung. Selanjutnya, timbul angin kencang dan hujan deras.

Ia mencontohkan amukan puting beliung di Ngawi, Jawa Timur pada Selasa 17 November lalu sekitar pukul 17.30 WIB yang menewaskan seorang warga bernama Randinem (65).

"Hujan deras disertai angin kencang menerjang 2 dusun di Kabupaten Ngawi, yakni Dusun Rejuno, Desa Rejomulyo, Kecamatan Karangjati dan Dusun Sumberbening, Desa Krompol, Kecamatan Beringin," beber Sutopo.

Puting beliung mengakibatkan 14 rumah roboh di Kecamatan Karangjati. Sementara di Kecamatan Beringin, 5 rumah rusak berat dan 121 rumah mengalami kerusakan.

Sejauh ini, imbuh Sutopo, BPBD telah ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi, pendataan dan memberikan bantuan logistik. Aparat koramil dan polsek setempat bersama masyarakat membantu warga yang terkena musibah. (Ans/Ali)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS