Sukses

Menteri Khofifah: Secara Fakta, Gus Dur Sudah Pahlawan

Saat ini semua proses terkait kajian Gus Dur menjadi Pahlawan Nasional sudah selesai.

Liputan6.com, Jombang - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menegaskan bahwa Abdurahman Wahid atau Gus Dur sudah menjadi Pahlawan. Hal itu diungkapkan Khofifah usai berziarah ke makam Presiden RI ke 4 di kompleks Pesantren Tebu Ireng, Desa Cukir, Diwek, Jombang, Jawa Timur.

"Gus Dur sudah jadi Pahlawan. Secara de facto Gus Dur sudah Pahlawan ya," kata Khofifah di lokasi, Jombang, Jawa Timur, Sabtu (7/11/2015).

Ia menerangkan, saat ini semua proses terkait kajian Gus Dur menjadi Pahlawan Nasional sudah selesai. Penganugerahan itu hanya tinggal menunggu waktu.

Khofifah menilai perjuangan Gus Dur untuk bangsa tidak perlu diragukan lagi. Banyak faktor yang menjadikan Gus Dur berhak menyandang gelar Pahlawan Nasional.

"Gus Dur itu memiliki kemasyhuran dan keluhuran pada saat yang bersamaan. Itu tidak semua orang bisa. Ada yang dapat kemasyhuran tapi tidak keluhuran ataupun sebaliknya. Dan Gus Dur dapat semuanya secara bersamaan," ujar alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga, Surabaya itu.

"Ini tinggal tunggu penganugerahan aja," timpalnya lagi.

Ia pun kembali menekankan tidak ada polemik terkait gelar Pahlawan Nasional yang akan diberikan kepada Gus Dur. Saat ini sudah tidak ada lagi kajian Gus Dur jadi Pahlawan dan hanya menunggu waktu yang tepat. Namun ia tak menjelaskan kapan penganugerahan itu akan dilangsungkan.

"Ya ini tinggal tunggu penganugerahan saja. Saat ini sudah ada di dewan gelar yang menunggu waktu yang tepat saja," tutup Khofifah. (Ali/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini