Sukses

Bencana Embun Beku Melanda, Ratusan Warga Lanny Jaya Mengungsi

Menurut BMKG pembentukan awan konvektif atau colomonimbus di Kabupaten Lanny Jaya memang sangat banyak.

Liputan6.com, Lanny Jaya - Bencana embun es atau embun beku terjadi di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Akibatnya, ratusan warga di kabupaten itu mengungsi ke kabupaten lainnya seperti Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Nduga dan ke Kota Tiom, Ibu Kota Lanny Jaya.

"Saat ini, tanaman dan ternak mati semua. Warga yang mengungsi berasal dari beberapa kampung di Distrik Kuyawage, Distrik Wanobarat, dan Distrik Goabaliem. Warga mengungsi untuk menghindari dampak yang lebih parah lagi," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Christian Sohilait ketika dihubungi, Selasa (27/10/2015).

Saat ini pemerintah daerah masih mendata warga yang mengungsi akibat embun es ini. Sebab, ratusan warga ini jalan kaki ke beberapa lokasi pengungsian.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah V Jayapura, Zem Irianto Padama menyebutkan suhu di daerah tersebut saat musim kemarau memang relatif lebih dingin dari biasanya. Apalagi daerah Kuyawage dan sekitarnya berada di atas ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

"Sampai saat ini, kami belum mendapatkan laporan dari BMKG setempat, terus terang saja, alat untuk pendeteksian suhu dan cuaca di Lanny Jaya belum memadai," kata dia.

Namun, menurut Zem, dalam minggu ini pembentukan awan konvektif atau colomonimbus di Kabupaten Lanny Jaya memang sangat banyak.

Sebelumnya pada Juli lalu, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya sempat mengeluarkan status darurat bencana akibat hujan es yang melanda daerah itu. Hujan es juga mengakibatkan 11 orang meninggal dunia. (Nil/Mut)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini