Sukses

Mantan KSAL Marsetio Terima Penghargaan Tinggi dari Australia

Grigson mengatakan, penghargaan ini turut ditujukkan sebagai pengakuan upaya-upaya Marsetio memodernkan TNI AL.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan RI-Australia beberapa kali pasang surut. Namun, tak menghalangi Pemerintah Australia untuk memberikan pengharagaan perwira kehormatan Order of Australia (Divisi Militer) kepada mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio.

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk penghormatan kepada Marsetio, karena berjasa memperkuat hubungan RI-Australia. Terutama di bidang Angkatan Laut.

"Kutipan dari penghargaan ini menyebutkan karya Laksamana Marsetio dalam membangun kembali latihan gabungan reguler antara TNI-AL dan Royal Australian Navy, operasi-operasi patroli yang terkoordinir dan diplomasi pertahanan yang pragmatis dan terbuka pada masa sulit di 1999 dan 2014," ucap Grigson di kediamannya, Jakarta, Senin (26/10/2015).

Grigson mengatakan, penghargaan ini turut ditujukkan sebagai pengakuan upaya-upaya Marsetio memodernkan TNI AL. Dengan kondisi sekarang, menurut Australia, Angkatan Laut menjadi kekutan maritim terbaik di Asia.

Pada kesempatan sama, Marsetio mengucapkan terimakasihnya kepada Pemerintah Australia yang telah memberikan penghargaan Order of Australia. Penghargaan ini memperlihatkan betapa kuatnya hubungan dua negara bertetangga ini.

"Saya tidak menyangka saya akan mendapat Order of Australia. Ini merupakan bintang tertinggi yang diberikan Australia terhadap perwira luar negeri. Alhamdulilah saya adalah perwira TNI pertama yang dapat penghargaan ini," jelas dia.

"Pasang surut hubungan Indonesia dan Australia tidak menjadi hambatan, bagaimana pemerintah Australia memberikan apresiasi terhadap perwira dari negara lain yang telah meningkatkan hubungan kedua negara," sambung Marsetio.

Dia optimis, pada masa mendatang hubungan antar kedua angkatan laut tidak akan jalan di tempat. Namun, semakin baik dari waktu ke waktu.

"Harapannya adalah hubungan kedua negara antara Indonesia dan Australia, terutama antar dua Angkatan Laut Australia NAVY dan TNI AL, semakin meningkat. Ini terbukti dengan banyak pertukaran pendidikan perwira," tegas dia.

Penghargaan Order of Australia merupakan penghargaan tertinggi yang ada di Negeri Kanguru. Penghargaan ini sangat sedikit diberikan setiap tahunnya, terutama bagi petinggi dari negara lain di luar Australia. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini