Sukses

Rayakan Lebaran Iduladha, Jokowi Terbang ke Kalimantan Selatan

Jokowi dan rombongan yang menyertainya akan lepas landas menuju Banjarmasin pada Rabu, 23 September 2015 pukul 08.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan merayakan Hari Raya IdulAdha 1436 H bersama masyarakat Kalimantan Selatan. Hari ini, mereka bersama rombongan akan berangkat.

"Presiden dan Ibu Iriana Jokowi serta rombongan yang menyertainya akan lepas landas menuju Banjarmasin pada Rabu, 23 September 2015 pukul 08.30 WIB dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ-2," demikian disampaikan Tim Komunikasi Presiden, Sukardi Rinakit melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (23/9/3025).

Turut menyertai keberangkatan Presiden, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei.

Tiba di Bandar Udara Syamsuddin Noor pukul 11.10 Wita di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Presiden dan rombongan akan meninjau langsung Posko Penanggulangan Bencana Pencemaran Udara Berat yang masih berada di kawasan bandara.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan akan melihat lokasi hot spot yang berada di Desa Guntung Damar, Banjarbaru. Di lokasi ini, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada para prajurit dan petugas pemadam kebakaran.

Jokowi dan rombongan kemudian akan melanjutkan perjalanan dengan meninjau lokasi hot spot lainnya, yang berada di Sambung Lihung yang berada di Kabupaten Banjar. Malam harinya, bersama rombongan menuju Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasi untuk mengikuti takbiran.

Esok hari, Kamis 24 September 2015, Kepala Negara dan rombongan akan melaksanakan salat IdulAdha di Masjid Agung Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Di masjid ini pula, Jokowi akan menyerahkan hewan kurban.

Dalam perjalanan ke bandara, Presiden akan meninjau proyek pembangunan Kebun Raya Banjar di Banjarbaru. Dilanjutkan pada pukul 10.30 Wita bertolak ke Medan, Sumatera Utara.‎

‎Pantau Pelaksanaan Keppres Penanganan Sinabung
‎
Dari Medan, Jokowi beserta istri akan melanjutkan perjalanan ke Desa Siosar, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Lokasi ini berada di kawasan Gunung Sinabung.

Jokowio baru saja menandatangani Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2015 tentang Satuan Tugas Percepatan Relokasi Korban Terdampak Bencana Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Dalam kunjungan tersebut, ia ingin memastikan Keppres yang baru saja ditandatangani dijalankan dengan baik. Karena ia mentargetkan pada akhir tahun 2015 penanganan Sinabung dapat diselesaikan.

Pada Jumat, 25 September 2015, Presiden dan rombongan meninjau pembangunan jalan tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi. Kemudian kembali Medan dengan menggunakan Kereta Api Airport Railink Services (ARS).

Setelah melaksanakan salat Jumat, akan lepas landas menuju Jambi.

Tinjau Layanan Posko dan Penanganan Bencana Asap

Di Jambi, Jokowi akan melihat Posko Satgas Penanggulangan Bencana Pencemaran Udara Berat. Usai melihat Posko, dilanjutkan dengan meninjau lokasi kebakaran hutan di Muaro Jambi.

Lalu melihat perkembangan terakhir dari kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Sumatera. Jika situasi membaik, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta pada Jumat sore, 25 September 2015.

Tetapi, jika situasi di lapangan belum membaik, rombongan akan bermalam di Jambi dan pada esok harinya akan meninjau lokasi hot spot di perbatasan Provinsi Jambi dan Riau dengan menggunakan jalur darat.

Setelah peninjauan di lokasi perbatasan itu, barulah Presiden kembali ke Jakarta. (Tnt/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.