Sukses

Foto Mirip Gayus Tambunan Bikin Heboh, Menkumham Gelar Rapat

Dalam foto itu, sosok mirip Gayus Tambunan nampak tengah berada di sebuah restoran bersama 2 perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Gayus Tambunan, mantan pegawai pajak Golongan IIIA yang dipidana atas sejumlah kasus pajak kembali menuai sensasi. Baru-baru ini beredar foto mirip terpidana kasus korupsi yang divonis 30 tahun penjara itu di media sosial.

Dalam foto itu, sosok mirip Gayus nampak tengah berada di sebuah restoran di luar Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

Karena itu Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly tak mau tinggal diam. Yasonna yang sudah melihat foto mirip Gayus Tambunan tersebut akan mengkonfirmasi langsung kepada Direktur Jenderal Lembaga Pemasyarakatan I Wayan Dusak.

"Ini saya sebentar lagi mau rapat dengan jajaran eselon I. Soal foto Gayus Tambunan yang berada di luar lapas akan saya tanyakan langsung kepada Dirjen terkait," ujar Yasonna di Jakarta, Senin (21/9/2015).

"Saya belum bisa komentar banyak soal foto-foto itu. Harus saya cari tahu informasi lebih lanjut soal itu," sambung dia.

 

(Istimewa)

Gayus Ada di Lapas?

Sementara terkait foto tersebut, Kepala Lapas Sukamiskin Eddy Kurniadi memastikan, Gayus Tambunan pada 9 Mei 2015 atau waktu diambilnya foto tersebut tengah berada di Lapas Sukamiskin.

"Itu fotonya tanggal 9 Mei (2015). Tanggal itu (Gayus Tambunan) ada di dalam lapas," tutur Eddy Kurniadi saat dikonfirmasi.

Meski demikian, Edy tidak membantah bahwa pihaknya mengizinkan setiap warga binaannya keluar lapas, namun harus sesuai prosedur yang berlaku. Misalnya untuk menjalankan sidang.

"Mungkin bisa aja (keluar lapas). Keluar pasti pakai prosedur yang ada," terang Eddy.

Kepala Divisi Humas Ditjen Pemasyarakatan Akbar Hadi menyampaikan, pihaknya akan langsung menggelar jumpa pers terkait foto Gayus Tambunan usai rapat yang diperkirakan selesai pukul 13.00 WIB.

"Nanti akan konpers dulu, report-nya, nanti satu pintu, nanti Kadiv PAS (Kepala Divisi Pemasyarakatan) yang akan memberikan informasi ke kawan-kawan," tutur Akbar Hadi.

"Nanti jam 13.00 WIB ada konpers oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Jawa Barat di Kanwil Kemenkumham Jawa Barat," pungkas Akbar Hadi.

Foto mirip Gayus beredar dan menjadi perbincangan hangat di media sosial. Dalam foto tersebut, sosok mirip pegawai pajak yang pernah menggemparkan masyarakat dengan hartanya yang melimpah itu mengenakan kaos, topi, dan celana jeans biru.

Di depannya tampak 2 perempuan yang wajahnya sengaja diburamkan oleh pemilik akun Facebook Baskoro Endrawan. (Ndy/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini