Sukses

Frustrasi Bencana Asap, LSM di Riau Minta Bantuan Malaysia

Malaysia diminta mengirimkan Pasukan Bomba untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru - Organisasi masyarakat Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) Riau meminta bantuan kepada Pemerintah Malaysia terkait bencana kebakaran hutan dan lahan. Mereka menilai Pemerintah Indonesia lamban mengatasinya.

Ketua Gerakan Ampera Riau, Hendri Marhadi, mengatakan surat permintaan bantuan sudah disampaikan ke Konsul Malaysia di Pekanbaru. "Kami berharap Malaysia dapat membantu," katanya, Minggu (13/9/2015).

Pemerintah Malaysia diharapkan dapat mengirimkan Pasukan Bomba (Pemadam Kebakaran Malaysia) ke Riau untuk membantu pemadaman. Selain itu juga permintaan kemudahan akses pengobatan. 

Menurut dia, Konsulat Malaysia langsung menyapaikan surat permohonan bantuan itu ke perdana menteri. Pemerintah Malaysia pun sudah siap untuk memberikan bantuan namun masih menunggu persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

Pada dekade 90-an, Malaysia pernah membantu Indonesia mengatasi kebakaran hutan di Riau. Saat itu, Pasukan Bomba diterjunkan ke sejumlah titik api di Riau. (Hmb/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.